Senin, 22 Jul 2019 15:41 WIB

Lahir dengan Kondisi Langka, Bayi di India Memilik Tiga Kepala

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kondisi langka pada bayi. Foto: iStock Ilustrasi kondisi langka pada bayi. Foto: iStock
Jakarta - Anggota keluarga dan dokter di distrik Etah di Uttar Pradesh, India dikejutkan dengan kelahiran seorang bayi perempuan yang tidak biasa. Bayi tersebut lahir dengan tiga kepala.

Setelah sang ibu mengalami kesakitan yang luar biasa dalam proses persalinannya, lahirlah bayi perempuan yang memiliki dua tonjolan besar berbentuk wajah di bagian belakang tengkoraknya.

Para dokter mengatakan bahwa sang ibu tidak mengalami komplikasi selama kehamilannya. Dokter pun merujuk ke rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih canggih. Bayi perempuan itu pun menjalani pemindaian MRI untuk menentukan kondisi medis yang menyebabkan kelainan itu.

"Tubuh anak belum sepenuhnya berkembang. Kami akan melakukan pemindaian MRI dan kemudian melakukan operasi untuk memisahkan 'kepala'" kata Rajesh Thakur, Kepala Inspektur Medis, Rumah Sakit Distrik, Etah, dikutip dari The Sun.



Meskipun sangat jarang, bayi lahir dengan kepala lebih dari satu kebanyakan berasal dari Afrika. Kondisi ini disebut sebagai ensefalokel, jenis kelainan bawaan tabung saraf yang langka di mana bagian tengkorak belum terbentuk dengan baik. Sebagian dari jaringan otak dan struktur terkait berada di luar tengkorak.

"Ini adalah kondisi medis yang sangat langka," imbuh Thakur.

Menurut layanan kesehatan di Inggris (NHS), bayi dengan ensefalokel memiliki peluang hidup 55 persen. Prognosis jangka panjang untuk bertahan hidup menjadi lebih kecil jika ada komplikasi lain, seperti cacat atau sindrom yang terkait dengan jaringan otak.



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)