Rabu, 24 Jul 2019 12:56 WIB

Dokter Temukan Formasi Batu di Saluran Kencing Pria Transgender Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Batu ginjal terbentuk di saluran kencing penis buatan pria transgender. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Batu ginjal terbentuk di saluran kencing penis buatan pria transgender. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pasien pria transgender dilaporkan mengalami komplikasi langka pada saluran kencingnya. Pasien diketahui telah menjalani operasi rekayasa penis yang rawan komplikasi dengan memanfaatkan transplantasi kulit dari lengan.

Para dokter dari Centro Hospitalar Universitario de Coimbra, Spanyol, mendeskripsikan terjadi pembentukan batu pada saluran kencing pasien. Batu ini disebut mirip seperti apa yang biasa disebut terjadi di ginjal alias batu ginjal.


Hal ini disebut langka karena terjadi pada penis buatan seorang pasien transgender. Para dokter harus berimprovisasi menggunakan laser untuk menghancurkan batu tersebut karena menyebabkan pasien sulit kencing.

Dalam jurnal disertakan gambar formasi batu di saluran kencing yang tampak seperti kumpulan kerikil.

"Setelah 40 bulan pemeriksaan lanjutan, pasien menunjukkan tidak ada sisa lithiasis (penimbutan batu -red) atau striktur (penyempitan saluran kencing)," tulis dokter seperti dikutip dari jurnal pada Rabu (24/7/2019).



Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
News Feed