Kamis, 25 Jul 2019 07:32 WIB

Tak Keramas Selama 2 Tahun, Wanita Ini Klaim Rambutnya Lebih Sehat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang wanita punya metode merawat rambut tanpa keramas (Foto: thinkstock) Seorang wanita punya metode merawat rambut tanpa keramas (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang wanita asal Finlandia memiliki rambut yang sehat namun mengaku tidak keramas selama dua tahun lamanya. Bagaimana bisa? Iiris Heikkinen (24) ternyata memiliki metode khusus untuk membersihkan rambutnya.

Berawal dari kulit kepala Iirish yang kering dan gatal, ia memutuskan untuk mengganti produk sampo dan kondisionernya dengan bahan alami. Ini dikarenakan perhatiannya terhadap lingkungan yang dapat berakibat buruk karena penggunaan bahan kimia.

Akhirnya pada 2017, ia mencari tahu alternatif untuk membuat rambutnya bersih. Iirish pun menemukan minyak kelapa yang diklaimnya dapat membersihkan rambut secara alami.

Iiris hanya mencuci rambutnya dengan air setiap kali mandi, dan hanya sesekali menggunakan setetes minyak kelapa atau bubuk daun neem (sejenis ramuan yang digunakan dalam pengobatan India kuno) untuk memberikan pengkondisian tambahan jika dia memiliki ketombe, atau bedak untuk membantu menata rambutnya.



"Saya tidak pernah tergoda untuk mencucinya (rambut -red). Saya tidak tahu persis berapa lama untuk fase berminyak berlalu, tetapi beberapa waktu kemudian rambut saya terlihat normal," ujarnya dikutip dari Mirror.

Meskipun rambutnya dalam kondisi yang cukup baik karena ia jarang menggunakan pengering rambut atau pelurus rambut, Iirish mencatat bahwa rambutnya terlihat lebih tebal sejak ia tak menggunakan sampo.

Menariknya, warna rambutnya juga sedikit berubah dan terlihat lebih pirang alami.

Karena banyak dari teman-temannya sama-sama berwawasan lingkungan, dia tidak menghadapi banyak kritik atas keputusannya untuk menghindari produk-produk rambut - tetapi mengingat suatu kesempatan ketika dia ditanya oleh seorang teman apakah rambutnya berbau.

"Rambut saya terlihat dan terasa lebih sehat dari sebelumnya, dan saya tidak menggunakan sampo sama sekali," tandas Iirish.



Punya Rambut bak Rapunzel, Wanita Ini Justru Nggak Pernah Keramas:

[Gambas:Video 20detik]



(wdw/up)