Kamis, 01 Agu 2019 12:17 WIB

True Story

Mata Gatal Dikira Alergi, Tak Disangka Ternyata Tumor Otak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi mata gatal. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi mata gatal. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Mata gatal atau iritasi mungkin kita anggap hal yang biasa kita alami. Gurcharan Kaur (30) asal London juga merasakan hal yang sama, ia mengabaikan mata gatal yang tak ia ketahui adalah gejala tumor otak.

Tak hanya gatal, Kaur sempat mengalami masalah berkedip dan bengkak di matanya. Ia akhirnya memeriksakan diri ke dokter mata dan terkejut bahwa sakit matanya itu ia alami karena tumor yang tumbuh di tengah otaknya.

"Kupikir aku hanya kena hayfever. Mataku terasa sangat gatal di pagi hari tapi aku hanya minum antihistamin dan hal itu akan hilang. Aku sama sekali tak terpikir bahwa ada yang salah denganku," katanya, dikutip dari Fox News.


Saat itu ia tak sengaja melewati sebuah tempat praktik dokter mata saat mengantarkan adiknya melamar kerjaan. Sempat menimbang-nimbang, akhirnya Kaur mencoba untuk memeriksakan dirinya ke sana. Usai periksa, ia dianjurkan menjalani CT scan.

Hasil pindaian menunjukkan cairan abnormal di otak dan kista colloid kecil di belakang mata kirinya. Kista colloid adalah tumor yang bertumbuh secara lambat, umumnya ditemukan di dekat bagian tengah otak, demikian tulis situs UCLA Health.

Biasanya pasien mengalami sakit kepala dan juga disertai dengan gejala lainnya. Kaur menjalani dua jam operasi untuk mengangkat kista dan dua bulan mengonsumsi obat anti-epilepsi.

"Sangat membuatku ketakutan. Aku hanya ingin memperingatkan orang-orang untuk tidak mengabaikan sesuai yang bisa saja jadi gejala serius," tandasnya.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)