Senin, 19 Agu 2019 08:05 WIB

Kisah Remaja Mengandung Kembarannya yang Baru Terungkap Saat Usia 17 Tahun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi benjolan di perut. Foto: Shutterstock Ilustrasi benjolan di perut. Foto: Shutterstock
Jakarta - Seorang remaja perempuan berusia 17 tahun di India mengeluhkan adanya benjolan keras di perutnya. Benjolan yang sudah dimilikinya sejak lima tahun lalu itu semakin membesar dan semakin menyakitkan.

Remaja yang tak disebut namanya itu pun mendatangi dokter. Ia pun menjalani pemindaian perut dan menemukan ada massa berukuran 15 x 22 x 15 cm di perutnya. Dokter mengungkapkan benjolan itu memiliki jaringan lunak dan kepadatan lemak serta beberapa tulang kecil menyerupai tulang belakang dan tulang rusuk.

Dari pemeriksaan dan pemindaian tersebut, dokter mendiganosis remaja itu dengan fetus in fetu (FIF), yaitu kelainan langka yang membuat janin terjebak dalam tubuh kembarannya sendiri.

Kelainan ini sangat langka yang bisa terjadi hanya 1 dari 500.000 kelahiran hidup dan kurang dari 200 kasus yang pernah dilaporkan. FIF cenderung terdeteksi pada usia dini dan lebih sering terjadi pada pria.



dr Anil Kumar, yang menulis laporan kasus ini, menjelaskan bahwa ini merupakan kasus kedelapan FIF yang terjadi pada wanita dewasa. Selama operasi, ahli bedah menemukan massa di perut remaja itu mendorong hatinya hingga terletak di panggul.

Operasi pengangkatan massa di perut remaja itu pun dilakukan. Dari benjolan itu, dokter menemukan adanya rambut, tulang, dan bagian tubuh lainnya, seperti gigi dan anggota gerak.

"Saya sagat khawatir dengan benjolan perut saya, setelah operasi saya merasa sangat baik dan perut saya rata, orang tua saya juga sangat senang," kata remaja tersebut dikutip dari The Sun.



Simak Video "Ini Penyebab Janin Sungsang"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)