Rabu, 21 Agu 2019 07:01 WIB

Mata Anak Ini Mendadak Juling Akibat Main Game di Ponsel 10 Jam Tiap Hari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang anak mengalami kerusakan mata karena berjam-jam main gadget (Foto: Thinkstock) Seorang anak mengalami kerusakan mata karena berjam-jam main gadget (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Telah hilang masa di mana kita melihat anak-anak sekolah dasar bersepeda di kompleks rumah atau bermain ayunan bersama teman-teman sebayanya di taman. Saat ini, banyak anak yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu mereka dengan bermain game di ponsel ketimbang menghabiskan waktu bersama teman mereka selama liburan.

Bahkan, balita pun saat ini sudah terpapar dengan ponsel agar tetap 'tenang' saat mereka makan atau berada di tempat umum. Menyedihkan karena akhirnya banyak anak yang bergantung pada teknologi untuk mencari hiburan.

Bermain game di ponsel bukan hal yang dilarang tetapi jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping pada anak. Seorang bocah berusia 9 tahun dari Hefei, China, mendadak juling karena kecanduan main game di ponselnya selama libur sekolah.



Mengutip World of Buzz, sebelumnya anak ini telah diperiksa ke dokter karena gangguan pada matanya dan dokter telah melarangnya bermain ponsel untuk sementara waktu namun bocah ini mengatakan ia tak bisa berhenti.

Ayahnya mengatakan ketika ia kehilangan fokus atau sedang tidak memperhatikan, putranya itu akan mengambil ponsel dan bermain game selama 10 jam setiap hari.

"Ini secara bertahap menjadi kebiasaan buruk dan tak lama kemudian, sang ayah memperhatikan bahwa putranya mulai sering memicingkan matanya," demikian dikutip situs tersebut.

Sebagai hasil dari kecanduan, saat ini sang anak menjadi juling. Dokter mengingatkan ketika anak bermain ponsel pada usia yang masih sangat muda, itu sama dengan menarik bola mata mereka yang menyebabkan rabun jauh atau miopia.



Simak Video "Waspadai Kecanduan Gadget Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)