Kamis, 22 Agu 2019 09:55 WIB

Perjuangan Melawan Kanker: Masih Dikasih Napas, Kenapa Harus Menyerah?

Michelle Natasya - detikHealth
Intan Blackpink. Foto: Instagram/intankhasanah Intan 'Blackpink'. Foto: Instagram/intankhasanah
Jakarta - Serangkaian kemoterapi yang menyakitkan tak sedikitpun membuat semangat hidup Intan rontok. Videonya yang viral ketika meng-cover koreografi lagi Blackpink saat dalam perawatan di rumah sakit beberapa waktu lalu, membuktikan bahwa kanker bukan akhir segalanya.

Berkat video viral itu pula, Intan Khasanah akhirnya bisa bertemu dengan idolanya, Lisa Blackpink. Perjuangan fans garis keras yang benar-benar inspiratif!

Selama kurang lebih 6 tahun, Intan harus menjalani berbagai pengobatan untuk bertahan hidup melawan kanker Limfoma jenis Hodgkin stadium 4 yang dideritanya. Sejak tahun 2013, 26 kali kemoterapi sudah ia jalani sampai akhirnya dinyatakan sembuh Juli 2019 lalu.

Saat ditanya bagaimana perasaannya setiap masuk ruang kemoterapi, bukannya takut, Intan justru mengaku selalu bersemangat menjalani rangkaian kemoterapi.

"Pas aku didiagnosis kena kanker kelenjar getah bening stadium 4 aku sudah tahu memang pengobatannya di kemo. Jadi aku excited aja pengen cepetan di kemo biar cepet sembuh," ujar Intan.

Walaupun merasa sakit, bagi Intan kemoterapi sebagai sebuah tantangan yang harus dilewatinya untuk bisa sembuh.

"Jadi pas kemo pertama sampai ke 16 itu ada 4 botol obat. Nah, obat botol ke 3 dan 4 itu perih banget ketika masuk ke pembuluh. Tapi yaudah, aku suka tantangan dan buat aku ini tantangan supaya aku bisa sembuh," kata perempuan yang hobi menari ini.



Kondisi Intan saat itu tidak pernah membuatnya menyerah. Intan tidak menjadikan penyakitnya sebagai beban. Bahkan, Intan menganggap rumah sakit seperti taman bermain.

"Alhamdulillah aku selalu diberi kemudahan untuk terus berobat. Mindset aku rumah sakit, tuh bukan kutukan atau penjara dan sebagainya. Rumah sakit kayak taman bermain untuk aku. Aku gak jadiin ini beban, malahan aku di sana bisa ketemu banyak orang baru, berteman sama suster dan dokternya. Jadi bahagia-bahagia saja. Intinya, aku masih dikasih napas, kenapa harus nyerah," tutur Intan.

Berkat perjuangan dan semangat Intan melawan kanker Limfoma stadium 4 yang dideritanya selama 6 tahun, Juli 2019 lalu, berdasarkan hasil Pet Scan Intan dinyatakan sembuh. Ia 100 persen bersih dari sel kanker walaupun harus tetap kontrol selama 5 tahun ke depan.

Intan berpesan bagi para pejuang kanker untuk terus berjuang dan jangan pernah menyerah. Menurutnya, bukan kanker yang mematikan harapan dan peluang, tetapi diri sendiri jika kita memutuskan untuk menyerah.

"Nikmati hidup, kalau ke rumah sakit anggap saja ke taman bermain, ketemu teman-teman. Jangan dibawa beban. Aku bisa ngomong gini karena aku sudah 6 tahun melakukan itu. Jadi apapun yang kamu suka dan ingin kamu kejar, terus kejar karena kanker itu bukan apa-apa," pesan Intan.



Simak Video "Mengenal Kanker Limfoma yang Merenggut Nyawa Pendiri Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)