Minggu, 08 Sep 2019 14:30 WIB

Pecahkan Rekor Dunia, Wanita di India Lahirkan Bayi Kembar di Usia 74

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kelahiran anak kembar di usia 74 tahun memecahkan rekor dunia (Foto: Istock) Kelahiran anak kembar di usia 74 tahun memecahkan rekor dunia (Foto: Istock)
Jakarta - Seorang wanita berusia 74 tahun asal India berhasil melahirkan sepasang bayi kembar perempuan. Wanita bernama Erramatti Mangayamma tersebut kini menjadi ibu tertua yang pernah melahirkan anak kembar.

"Saya tidak bisa berekspresi. Kelahiran anak kami seperti melengkapi kehidupan saya. Setelah menanti puluhan tahun, akhirnya mereka tak lagi bisa mengatakan saya tidak subur. Saya mulai mempertimbangkan bayi tabung saat tetangga yang berusia 55 tahun bisa hamil," kata Mangayamma dikutip dari Daily Mail.



Mangayamma melahirkan di negara bagian Andhra Pradesh didampingi suaminya Raja Rao yang berusia 82 tahun. Bila usia Mangayamma benar 74 tahun, maka dia lebih tua 8 tahun dari pemegang rekor saat ini Maria del Carmen Bousada de Lara asal Spanyol yang berusia 66 tahun.

Wanita dengan usia seperti Mangayamma yang telah menopause sejak usia 44 tahun punya kemungkinan kecil hamil. Hal ini diatasi dengan prosedur bayi tabung dengan sel telur dari seorang donor yang dibekukan. Prosedur ini dilakukan Mangayamma di klinik Ahalya IVF, Guntur.

Menurut Dr S Umashankar yang menangani Mangayamma, dirinya kaget saat ada pasien yang berkonsultasi pada November 2018. Meski berisiko gagal, klinik percaya kemampuan dokter dan memandang harapan Mangayamma sebagai tantangan.



Setelah mematangkan rencana in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung, klinik sepakat membantu Mangayamma. Klinik bahkan membayar sebagian besar biaya prosedur bayi tabung, yang bisa menjadi sejarah pencapaian Ahalya IVF.

Mangayamma berhasil hamil di siklus pertama IVF pada Januari 2019. Sejak saat itu dia lebih banyak berada di klinik dalam pengawasan sekitar 10 dokter. Namun Mangayamma tidak bisa menyusui kedua bayi kembarnya, karena tubuhnya tak lagi memproduksi ASI.



Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)