Rabu, 18 Sep 2019 14:30 WIB

Instruktur Fitness Kena Stroke, Kurang Tidur Dituding Jadi Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selain olahraga, istirahat yang cukup juga penting untuk kesehatan. (Foto: Thinkstock) Selain olahraga, istirahat yang cukup juga penting untuk kesehatan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Binaragawan dan instruktur fitness terkenal asal Taiwan yang dikenal dengan Muscle Dad atau JZ Fitness berusia 37 tahun mengejutkan banyak orang setelah dia terserang stroke. Bersama sang istri, mereka dikenal sebagai pasangan yang selalu berolahraga bareng dan sering mendatangi acara kebugaran.

Istrinya menceritakan pengalaman traumatisnya saat sang suami terserang stroke beberapa waktu lalu. "Beruntung saya belum keluar rumah saat saya melihat dia terjatuh dan pingsan," katanya dikutip dari World of Buzz.

Tanpa pikir panjang, ia langsung membawanya ke rumah sakit. Dokter mengatakan ada emboli otak tetapi karena dia dikirim ke rumah sakit dalam waktu tiga jam, dia punya banyak waktu perawatan.


Setelah satu minggu di rumah sakit, JZ masih koma. Mengetahui kebiasaan sehatnya, keluarga bingung mengapa dia tiba-tiba terserang stroke. Namun, setelah pemeriksaan riwayat kesehatan, dokter menemukan kemungkinan alasannya.

Riwayat kesehatan JZ baik-baik saja tetapi terungkap bahwa di pihak ibunya, mereka memiliki masalah hiperkoagulasi yang berarti darah mudah membeku.

Istrinya kemudian menjelaskan bahwa kurang tidur, terlalu banyak bekerja, dan riwayat kesehatan keluarga kemungkinan yang menyebabkan JZ terserang stroke dini.

"Kami berpikir bahwa kami sangat sehat karena kami sering berolahraga, masih muda dan menjalani pemeriksaan tahunan. Namun, dia sering tidur larut malam sekitar jam 3 pagi ketika dia sibuk dengan pekerjaannya dan kemudian bangun jam 6 pagi. Pada siang hari, ia akan tidur siang, tetapi biasanya tidurnya kurang dari enam jam sehari," jelasnya.

JZ sekarang menjalani perawatan dan rehabilitasi, yang berkembang cepat berkat fisiknya yang sudah bugar sebelumnya. Setelah kejadian ini, seluruh keluarga berusaha mengubah pola tidur jam 10 malam dan bangun pagi.



Simak Video "Tips Bikin Bentuk Bokong Ideal ala Gisella Anastasia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)