Senin, 07 Okt 2019 08:44 WIB

Ngeri! Bocah Ini Sudah Terserang Stroke di Usia 10 Tahun

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi anak sakit stroke. Foto: Thinkstock Ilustrasi anak sakit stroke. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang ibu Hayley Clark kaget saat menemukan putrinya yang berusia 10 tahun tergeletak pingsan. Gracie Whittick pingsan saat hendak berangkat sekolah pada (26/9/2019). Hayley tidak menyangka Gracie mengalami serangan stroke.

"Saya sangat kaget karena Gracie terlihat baik-baik saja sebelumnya. Selain pingsan, sisi kanan wajah Gracie seperti berkerut ke bawah. Dia tidak bisa mengangkat lengan, nenggerakkan tangan dan kakinya," ujar Hayley pada South West News Service (SWNS) dikutip dari Fox News.


Gracie kemudian dirujuk ke Queen Elizabeth Hospital King's Lynn di Norfolk, Inggris. Hayley mengatakan, dokter di rumah sakit yang memberi tahu ada gumpalan darah di bagian kiri otak Gracie. Gumpalan inilah yang mengakibatkan serangan stroke.

Dokter kemudian melakukan operasi pada Gracie yang menghilangkan sekitar 96 persen gumpalan darah. Hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya gumpalan darah, serta proses yang mengakibatkan Gracie terkena stroke.

Saat ini Gracie berusaha menjalani kembali kehidupannya. Namun menurut Hayley, Gracie tampak bingung dan frustasi sepanjang hari. Stroke mempengaruhi bagian kanan tubuhnya, sehingga Gracie tidak bisa bebas menggunakan tangan kanan. Dia juga mengalami masalah ingatan, serta lekas lelah sehingga kadang memilih kursi roda.



Stroke pada anak memang ada namun sangat jarang ditemukan. Data Children's Hospital of Philadelphia menyatakan, sekitar 12 dari 100 ribu anak berusia kurang dari 18 tahun mengalami stroke. Meski begitu, kemungkinan ada lebih banyak anak yang terkena stroke namun tidak terdata.

Risiko terkena stroke lebih besar pada anak yang mengalmai anemia bulan sabit atau kelainan bawaan jantung. Gracie kemungkinan harus berada di rumah sakit hingga 6 minggu mendatang. Selama kurun waktu tersebut, Gracie akan menjalani pemulihan hingga bisa beraktivitas tanpa hambatan.

baca juga

Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)