Senin, 07 Okt 2019 15:22 WIB

Dokter Temukan Rambut Seberat Hampir 2 Kg di Perut Seorang Gadis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sakit perut. Foto: shutterstock Ilustrasi sakit perut. Foto: shutterstock
Jakarta - Lagi-lagi ada kasus yang mencengangkan, yaitu dokter menemukan gumpalan rambut manusia seberat hampir dua kilogram di perut seorang gadis berusia 19 tahun di Rusia. Gumpalan rambut tersebut berhasil di keluarkan melalui prosedur operasi.

Menurut laporan, gadis itu merasakan sakit perut hebat dan selalu muntah setelah makan. Selain itu, ia juga berjuang karena hampir tidak memiliki kekuatan pada tubuhnya.

Setelah menjalani pemeriksaan medis secara menyeluruh, dokter menemukan massa padat yang tidak bisa dicerna menumpuk di perutnya. Massa padat itu mengisi hampir seluruh rongga perut yang menyebabkan rasa sakit luar biasa.



Dokter berhasil mengeluarkan massa padat yang ternyata gumpalan rambut itu dengan ukuran 50x10x10 cm.

"Hal-hal seperti itu bisa dimulai dengan kebiasaan tanpa sadar mengunyah rambut Anda sendiri," ujar dokter yang menangani gadis tersebut, Bator Dondokov, dikutip dari Mirror.

Orang-orang yang menelan rambut mereka sendiri bisa dikatakan memiliki gangguan kejiwaan yang disebut trikofagia. Gangguan ini berkaitan dengan kondisi yang sedikit lebih umum di mana orang memiliki keinginan yang tak tertahankan untuk mencabut rambut mereka, yang disebut trikotilomania.



Simak Video "Kisah Bocah India yang Tubuh dan Wajahnya Penuh Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)