Kamis, 10 Okt 2019 22:00 WIB

Seram, Bocah Ini Tak Sengaja 'Masukkan' Cabang Pohon ke dalam Telinganya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi operasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Ilustrasi operasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Anak-anak kecil memang mudah penasaran dan melakukan hal-hal tak terduga. Seperti bocah berusia tiga tahun ini, yang iseng memasukkan cabang pohon ke dalam telinganya.

Sayangnya, akibat keisengannya itu, dokter justru kesulitan mengambil cabang pohon yang sebenarnya berukuran hanya lima milimeter tersebut.

Dikutip dari The Sun, dr Neel Raithatha, seorang dokter THT dan juga dokter yang aktif mengunggah video praktiknya di Youtube, menyebut ini pertama kalinya harus mengambil cabang pohon dari telinga. Dalam karirnya, berbagai macam hal sudah pernah ia ambil dari telinga.

"Cabangnya berukuran lima milimeter dan sangat dekat dengan gendang telinga. Ini pertama kalinya saya harus mengambil cabang pohon dari telinga seseorang makanya saya cukup kaget," ujarnya.


Ia menyebut sang ibu merasa lega dan bersyukur saat ia berhasil mengambil cabang pohon tersebut dari telinga sang anak. Saat pertama kali mengontaknya, ia tak tahu apakah sang anak mengalami rasa sakit.

Di dalam liang telinga, cabang pohon tersebut bersarang di ujung karena didorong oleh si bocah. Dr Raithatha menggunakan penyedot telinga untuk mengambilnya tak sampai semenit dan dalam prosesnya ia melakukan endoskopi sebagai kamera monitor agar saat mengambil tak ada kerusakan dalam liang telinga.

Karena barang-barang asing yang masuk ke dalam telinga, apalagi cabang pohon, bisa merusak gendang telinga dan menyebabkan rasa sakit, pendarahan, hilang pendengaran, atau bising di telinga.

Dr Raithatha menyebut sang bocah bisa sembuh dengan sendirinya namun kemungkinan membutuhkan operasi. Ia kembali mengingatkan ini juga alasan banyak dokter THT mulai melarang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

"Untungnya, tak ada trauma atau cedera yang disebabkan oleh cabang pohon itu, yang ujungnya sangat tajam, dan juga tak ada kerusakan pada liang atau gendang telinga si bocah. Dulu saya pernah mengambil gigi sisir, tutup pulpen, penutup telinga, anting, objek plastik, dan beberapa cotton bud dari liang telinga," pungkasnya.



Simak Video "Kenali Cara Operasi Bibir Sumbing"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)