Jumat, 18 Okt 2019 17:05 WIB

Bayi Laki-laki di Turki Lahir dengan Kondisi Langka Tak Memiliki Penis

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang bayi laki-laki lahir dengan kondisi langka tak memiliki batang penis. (Foto: iStock) Seorang bayi laki-laki lahir dengan kondisi langka tak memiliki batang penis. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang bayi laki-laki di Turki dilaporkan dalam jurnal Urology Case Reports lahir dengan kelainan langka tidak memiliki penis atau dalam dunia medis disebut penile agenesis. Menurut dokter kondisi ini sangat langka, hanya ada sekitar 80 kasus yang pernah dilaporkan di dunia.

Bayi laki-laki yang identitasnya disamarkan tersebut sebetulnya lahir dengan testis terbentuk sempurna namun tidak memiliki batang penis. Dokter dari Rumah Sakit Erbakan University menjelaskan sang bayi mengalami cacat pada saluran kandung kemih dan rektumnya.


"Ini adalah laporan pertama bayi dengan kombinasi penile agnesis, vesicoureteral reflux, dan vesicorectal fistula," tulis dokter seperti dikutip dari jurnal pada Jumat (18/10/2019).

Sejak hari pertama kelahiran, sang bayi sudah dalam pengawasan tim spesialis. Dokter pada akhirnya merekomendasikan operasi bedah rekonstruksi penis sebagai alternatif.

Urolog dr Richard Viney dari Bladder Clinic menjelaskan pada akhirnya sang bayi memiliki jenis kelamin laki-laki. Kondisinya tidak berhubungan dengan masalah interseks melainkan lebih karena cacat saluran kemih dan usus.

"Ini dapat diperbaiki melalui operasi. Anak ini adalah laki-laki tulen oleh karena itu setiap tindakan untuk memperbaiki abnormalitas harus disertai upaya membentuk penis yang berfungsi," komentar dr Ricard.



Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)