Minggu, 03 Nov 2019 18:18 WIB

Duh! Bocah Ini Minum Jus dari Botol, Lidahnya Terjepit Tak Bisa Keluar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seorang bocah dilarikan ke rumah sakit karena lidahnya terjepit botol jus (Foto: Istock) Seorang bocah dilarikan ke rumah sakit karena lidahnya terjepit botol jus (Foto: Istock)
Jakarta - Seorang bocah laki-laki di Jerman harus dilarikan ke rumah sakit akibat lidahnya yang tersangkut di dalam botol kaca saat minum jus. Sebelumnya, ibunya sudah berusaha untuk membantu untuk melepaskannya, namun hasilnya nihil.

Setelah percobaan tersebut, bocah 7 tahun itu dilarikan ke Rumah Sakit Anak-Anak Auf der Bult, di Hanover, untuk membebaskan lidahnya dari botol kaca tersebut. Akhirnya, seorang dokter menggunakan trik unik untuk mengeluarkannya.

"Dalam kasus ini, kami mencoba sebuah ide untuk menyuntikkan udara ke dalam botol dan menghasilkan tekanan positif. Cara ini pernah saya gunakan untuk membuka tutup botol anggur dengan menggunakan jarum suntik dan kanula," jelas Profesor Christoph Eich.



Dikutip dari Foxnews, berdasarkan surat yang ditulis oleh Profesor Christoph Eich dan dr Simone Arndt untuk European Journal of Anesthesiology, para dokter memasukkan kanula di antara botol dan lidah bocah itu, lalu dikaitkan ke jarum suntik. Saat udara dimasukkan dan memberikan dorongan, lidahnya perlahan bisa lepas.

"Penggunaan tekanan positif ini terbukti bisa menjadi teknik yang sederhana, efektif, dan aman untuk melepaskan lidah yang terjebak dalam botol. Kami menyarankan untuk menggunakan cara ini untuk kasus serupa, sebelum mempertimbangkan prosedur lainnya yang mungkin lebih invasif dengan anastesi umum," ujarnya.

Namun setelah lepas dari botol, lidah bocah tersebut bengkak dan berubah warna. Untuk menghilangkannya, dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga dua minggu, sampai benar-benar sembuh.

Ibunya, Clare Wooff mengatakan saat itu menjadi hari yang paling menakutkan dalam hidupnya. Ia melihat anaknya kesusahan karena lidahnya yang terjebak dalam botol kaca dan tidak bisa melakukan apa-apa.

"Itu adalah hari yang paling menakutkan dalam hidup kami. Mengingat ini (botol jus kaca) adalah barang yang digunakan sehari-hari oleh banyak anak, terutama dalam bekal makan siang mereka, harus diingatkan terus untuk hati-hati," imbuhnya.



Simak Video "Cantik dan Sehat dengan Jus Seledri"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)