Selasa, 05 Nov 2019 13:00 WIB

Hampir Meninggal, Pria Ini Tersedak Gigi Palsu yang Tak Sengaja Ditelannya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi tersedak. Foto: iStock Ilustrasi tersedak. Foto: iStock
Jakarta - Seorang pria berusia 75 tahun hampir kehilangan nyawa karena tersedak benda asing dalam tenggorokannya. Keluarganya pun segera melarikan pria bernama Zhu Benbiao dari China karena tidak bisa makan dan kesulitan bernapas.

Setelah menjalani rontgen, ternyata yang tersangkut di tenggorokan Zhu adalah gigi palsunya sendiri. Itu tersangkut di ujung tenggorokan yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam operasi untuk mengangkatnya.

"Salah satu ujungnya ada di esofagus, dan ujung lainnya di tenggorokan, mencuat keluar glotisnya," ungkap dr Chen Zeyu, ahli gastroenterologi yang menangani Zhu dikutip dari Fox News.



"Kami belah tenggorokannya untuk membuatnya bernapas dengan bantuan pipa, dan kemudian melepaskan gigi palsu dengan menariknya dari glotisnya. Itu sulit, tetapi pada akhirnya kami berhasil mengeluarkannya," lanjut dr Chen.

Keluarganya menduga gigi palsu Zhu telah tersangkut di tenggorokan selama delapan jam sebelum operasi. Mereka yakin bahwa Zhu menelannya saat makan secara tidak sengaja hingga muncul masalah pada pernapasannya.

Zhu akhirnya mendapatkan perawatan di rumah sakit hingga kondisinya benar-benar pulih.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)