Rabu, 06 Nov 2019 09:43 WIB

Trail Run Dikerubungi Lalat, Mata Wanita Ini Terinfeksi Cacing Parasit

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi cacing parasit. Foto: Wikimedia Commons Ilustrasi cacing parasit. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta - Malang nasib seorang wanita yang sedang menjalani trail run atau lari melewati gunung di California. Saat berlari, ia sempat dikerubungi lalat dan berakhir dengan adanya cacing parasit bersarang di mata kanannya, pada Februari 2018 lalu.

Kasus yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Infectious Disease menyebutkan wanita ini mengeluh matanya teriritasi usai berlari. Ia mencoba untuk membasuhnya dengan air keran dan tak lama kemudian, cacing sepanjang 1,2 cm keluar dari matanya.

Wanita ini langsung menarik cacing tersebut saat menyadarinya dan membuangnya hingga dua ekor, demikian dilaporkan Live Science. Kejadian mengerikan ini membuatnya segera meminta bantuan ke dokter mata, yang membantu menyingkirkan cacing ketiga dari matanya.


Cacing tersebut diawetkan dalam cairan formalin dan dikirim ke Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) untuk tes. Untuk sementara ini, wanita tersebut diminta untuk mencuci matanya dengan air bersih dan diberikan obat untuk mencegah infeksi bakteri.

"Usai mengetes spesimen, CDC menetapkan cacing tersebut adalah cacing spesies Thelazia gulosa, cacing mata parasit yang umumnya menyerang sapi. Cacing ini terbawa oleh lalat yang mengonsumsi air mata hewan tersebut dan sekresi mata lainnya," tulis laporan kasus tersebut.

Kasus wanita ini dikatakan dapat mewakili penyakit zoonosis yang muncul di AS, atau penyakit yang dapat menyebar dari hewan ke manusia, menurut laporan tersebut. Para penulis juga mencatat bahwa manusia juga bisa menjadi 'inang yang cocok' untuk telur Thelazia gulosa.

Saat wanita tersebut pulang kembali ke rumahnya di Nebraska, ia dilaporkan menarik cacing keempat dari matanya. Ia lalu terus membasuh matanya selama dua minggu berikutnya. Setelah itu, iritasi di matanya menghilang dan tak ada lagi cacing yang ditemukan.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)