Rabu, 06 Nov 2019 17:30 WIB

Wanita Ini Bisa Prediksi Kapan Ia Akan Sakit Migrain

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Wanita ini bisa prediksi kapan ia migrain dengan indera penciumannya. Foto: thinkstock Wanita ini bisa prediksi kapan ia migrain dengan indera penciumannya. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang wanita di London, Inggris, mengaku memiliki kemampuan indera penciuman yang tinggi, atau dalam istilah medis disebut dengan hyperosmia. Ia bahkan mendiagnosis dirinya sendiri mengidap hyperosmia dan bisa memprediksi kapan dia akan mengalami sakit migrain.

"Beberapa tahun lalu, saya berasumsi semua orang juga mengalaminya (hyperosmia). Tapi, saat saya berbicara pada banyak orang tentang hal ini, ternyata tidak ada yang merasakannya. Bahkan karena keadaan ini, saya juga bisa tahu kapan akan sakit migrain," ungkap wanita bernama Mary Epworth ini.

Hyperosmia adalah keadaan yang terjadi saat meningkatnya kemampuan penciuman seseorang, contohnya dapat mengenali parfum orang di dekatnya. Hyperosmia juga sering terjadi bersamaan dengan sakit kepala, migrain, dan penyakit addison atau penyakit pada kelenjar adrenalin, sehingga produksi hormon steroidnya sedikit.



Dikutip dari laman Mirror, Mary merasa tersiksa dengan keadaan yang ia alami hingga saat ini. Ia sering merasa mual dan pusing saat mencium berbagai produk pembersih sehari-hari. Tak hanya itu, ia juga terganggu dengan penyegar udara yang ada di setiap ruangan karena baunya yang mengganggu.

Meski begitu, Mary merasa hidup dengan keadaan hyperosmia adalah hal yang normal. Ia berpikir keadaannya saat ini ada pengaruh dari genetik orang tuanya.

"Aku rasa, keadaan yang ku alami saat ini karena faktor genetik. Ini karena mendiang ayah dan ibuku, keduanya memiliki indera penciuman yang sangat kuat," jelasnya.


Simak Video "Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Menua dengan Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)