Rabu, 06 Nov 2019 18:30 WIB

Pria Ini 15 Tahun Hidup dengan Cacing Pita di Otaknya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ilustrasi cacing parasit (Foto: Thinkstock) Ilustrasi cacing parasit (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria asal China mengagetkan dokter. Pasalnya, terdapat cacing pita berukuran 12cm yang tinggal selama 15 tahun di dalam otaknya.

Parasit itu tumbuh dari kegemaran pria 36 tahun tersebut memakan siput goreng secara rutin sejak 2004. Dia kenal makanan eksotis itu melalui mantan bosnya, dilansir Guangdong Radio dan Television Station dalam News.com dan The Sun.

Setahun kemudian, pria ini sering muntah-muntah lalu mulai merasakan kebas pada lengan kiri dan kakinya serta otot melemah di tahun 2007. Rasa sakit yang menyiksa tersebut membuatnya keluar dari pekerjaannya.

Usai 10 tahun berkelana mencari jawaban atas kondisinya, dokter lalu menemukan apa yang terjadi. Seekor cacing pita tumbuh dalam otaknya. Dokter memberikan tindakan non-bedah, sebab posisi parasit yang berbahaya.


Setelah kejang yang dialami pria berinisial Wang itu, dokter di Guangzhou memutuskan untuk melakukan bedah guna membuang si cacing pita.

Parasit yang didapat adalah Sparganum mansoni yang kerap ditemukan pada kucing dan anjing, namun sangat langka terjadi pada manusia.

"Karena cacing ini terus hidup, dia sudah masuk ke dalam otak dan memakannya," ujar Dr Gu Youming, Deputi Direktur Guangdong 999 Brain Hospital yang menangani Wang.

Diduga, Wang sudah memakan siput dan panganan eksotis lain yang tidak dimasak dengan cepat.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)