Kamis, 07 Nov 2019 10:36 WIB

Miris, Bayi Pengidap Kondisi Langka Dibuang di Pinggir Jalan Italia

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi bayi. Foto: iStock Ilustrasi bayi. Foto: iStock
Jakarta - Malang nasib seorang bayi berusia 4 bulan di Italia, ia ditemukan di pinggir jalan dengan kondisi mengalami penyakit kulit. Ia diduga dibuang oleh orang tuanya, demikian dilaporkan Fox News.

Bayi tersebut ditemukan oleh para perawat di sebuah rumah sakit di kota Turin dan kini sedang dalam perawatan mereka. Hal ini disebabkan oleh penyakit kulit langka yang diidapnya, bernama harlequin ichthyosis, kelainan genetik kulit langka yang membuat kulit bayi terlahir tebal, berkerak, dan terpisah.

Cacat kulit ini bisa merusak tampilan wajah dan membatasi kemampuan bayi untuk bernapas dan makan, serta membutuhkan perawatan intensif, menurut National Organization for Rare Disorders (NORD). Kelainan ini biasanya langsung muncul saat lahir, terlihat dari kencangnya kulit di area mata dan mulut sehingga membuat kelopak mata dan bibir terbuka keluar.


Selain itu, kelainan ini juga bisa membuat tangan dan kaki menjadi bengkak dan sebagian tertekuk, telinga nyaris menyatu dengan kepala. Bayi yang lahir dengan kondisi ini sangat berisiko mengalami suhu tubuh menurun, dehidrasi, dan naiknya kadar sodium dalam darah.

Untuk makan, bayi dengan kondisi ini membutuhkan bantuan tabung makan dan pelumas di bagian mata untuk mengurangi kekencangan di bagian kelopak mata. Beruntung bagi bayi yang dipanggil Giovanninio ini, para perawat menemukan dan merawatnya dengan cepat dan tepat, dan sangat menyukai musik.

"Dia anak yang manis yang suka tersenyum dan suka diajak jalan-jalan di bangsal rumah sakit. Dia sangat gembira jika mendengar suara musik," tutur Daniele Farina, kepala NICU rumah sakit tempat Giovanninio dirawat sementara.

Pihak rumah sakit dilaporkan telah menawarkan untuk mengadopsi bayi ini dan pihak berwajib membantu untuk mencarikan rumah dan orang tua baru bagi Giovanninio.





Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)