Jumat, 08 Nov 2019 15:53 WIB

Tak Sadar, Ada Cacing Pita yang Memakan Otak Pria Ini Selama 15 Tahun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi otak. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi otak. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Wang Lei dari Guangzhou, China harus merasakan kondisi yang tak pernah diharapkan siapapun. Selama 15 tahun terakhir, otaknya disarangi cacing pita, cacing parasit pemakan daging sepanjang 12 cm.

Dikutip dari Mirror, Wang mulai merasakan mati rasa pada sisi kiri kepalanya pada tahun 2007. Semakin hari kondisinya malah memburuk. Ia pun menemui banyak dokter spesialis untuk mengetahui permasalahan yang ada pada dirinya.

Awalnya, dokter mendiagnosis Wang mengidap tumor otak ganas. Kondisinya semakin memburuk dan ia mulai mengalami kejang serta pingsan.



Namun pada tahun 2018, dokter menemukan ada cacing pita hidup di otak Wang. Dan baru-baru ini Wang menjalani operasi untuk mengangkat cacing pita hidup itu meskipun perawatan bedah sangat berisiko mengancam nyawanya.

"Operasi itu berisiko. Cacing pita hidup bergerak di otaknya dan kami harus menghapus semua itu kalau tidak, bagian sisanya bisa tumbuh lagi," kata dr Gu yang menangani Wang.

dr Gu menambahkan, kasus serupa telah terjadi pada empat pasien lain di tahun ini. Ia memperingatkan semua orang untuk berhati-hati ketika memasak makanan laut, seperti sipat harus sampai benar-benar matang.

"Juga, jangan minum air di alam liar kecuali jika sudah direbus," sarannya.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)