Senin, 11 Nov 2019 12:10 WIB

Ngeri! Makan Ayam Setengah Matang, Pria Ini Lumpuh

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi lumpuh. Foto: Thinkstock Ilustrasi lumpuh. Foto: Thinkstock
Jakarta - Keracunan makanan memicu reaksi langka pada Richard Jackson (39), seorang IT analis di Brighton, Inggris. Setelah makan ayam setengah matang, kondisinya memburuk dalam 24 jam dan menyebabkannya lumpuh.

Kejadian ini terjadi pada Desember tahun lalu. Richard yang baru pindah ke London selama seminggu mulai mengalami masalah pada kesehatannya setelah keracunan ayam setengah matang tersebut. Ia tidak dapat berjalan ataupun menggerakkan lengannya.

"Kondisi saya cepat memburuk dan dalam 24 jam saya tidak dapat menggunakan lengan saya atau bahkan menelan. Saya mengigau dan kehilangan kesadaran," ungkapnya dikutip dari The Sun.

Dokter pun awalnya tidak mengetahui apa yang terjadi pada Richard hingga akhirnya ia dibuat koma selama sepuluh hari sehingga dokter dapat mengetahui penyebabnya. Dokter menemukan sistem kekebalan tubuh
Richard menyerang sumsum tulang belakang yang membuatnya lumpuh dari leher ke bawah.



Setelah bangun dari koma, Richard perlahan-lahan dapat kembali menggerakkan lengan dan kakinya secara bertahap meskipun masih dibantu alat ventilator dan selang makanan. Namun sayangnya, ia telah kehilangan sejumlah besar otot dan kekuatan inti, sehingga pemulihannya dipastikan akan memakan waktu lama.

"Saya diberikan perawatan 24 jam, ruang pribadi, fisioterapi harian, terapi okupasi dan terapi wicara. Setiap waktu makan, saya dibawa ke kursi roda dan dibawa ke ruang umum untuk makan dan bertemu dengan orang-orang lain di sana," tutur Richard.

Dalam waktu beberapa bulan kondisi Richard semakin membaik. Kini ia bisa berpindah dari kursi roda, belajar berjalan, menyikat gigi sendiri, hingga naik ke mobil dari kursi rodanya sendiri.



Simak Video "Hati-hati! Anak Dapat Terserang Rabun Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)