Kamis, 14 Nov 2019 14:56 WIB

Pria 81 Tahun Berhasil Bebas dari Tumor Sebesar Kepala di Leher

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pria 81 tahun ini akhirnya bebas dari tumor di lehernya. Foto ilustrasi: thinkstock Pria 81 tahun ini akhirnya bebas dari tumor di lehernya. Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta - Seorang pria asal New Jersey berhasil terbebas dari tumor yang diidapnya. Jika tumor sebesar kepala yang berada pada lehernya tidak diangkat, hidupnya akan terancam.

Pria bernama Milton Wingert ini berhasil terlepas dari tumor yang tumbuh selama beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, ia sampai takut untuk meninggalkan rumah karena tidak bisa menutupi lehernya.

Dikutip dari Fox News, Wingert mengatakan beberapa dokter menolak untuk mengoperasinya, hingga akhirnya dirujuk ke dr Khan di Rumah Sakit Mount Sinai. Meskipun dr Khan tidak mengetahui patologi tumornya, ia tahu bahwa itu sangat menentukan hidup pasiennya.

"Saat saya di rujukan pasien, dokter yang merujuknya mengirimkan saya gambaran klinis dan MRI. Reaksi saya cukup kaget karena tumor itu cukup besar," jelas dr Khan.


"Kami menyiapkan seluruh tim bedah yang kami miliki, termasuk dua ahli bedah vaskular. Saat itu, kami harus siap membedahnya demi keberlangsungan hidup pasien tersebut," imbuhnya.

dr Khan khawatir, jika tidak segera diangkat, tumor tersebut dapat berpengaruh pada karotid maupun arterinya. Dalam kasus ini, arteri karotidnya perlu direkonstruksi kembali setelah terganggu akibat tumor tersebut.

Beruntung, operasi pada 5 November lalu yang memakan waktu sekitar tujuh jam berjalan dengan lancar. Tidak ada tindakan darurat apapun yang dilakukan dan tumornya bisa diangkat.

dr Khan mengatakan Wingert masih memiliki potongan kanker mikroskopis yang perlu dirawat secara terpisah dari operasi. Ia juga berterima kasih kepada tim yang membantunya dalam memfasilitasi operasi besar tersebut.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)