Sabtu, 16 Nov 2019 18:00 WIB

Kondisi Unik Bikin Bola Mata Pria Ini Bisa Berpendar Saat Kena Cahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Mata pria ini bisa berpendar saat kena cahaya. Foto: NEJM Mata pria ini bisa berpendar saat kena cahaya. Foto: NEJM
Jakarta - Seorang pria berusia 44 tahun dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine (NEJM) memiliki kondisi langka. Matanya bisa tampak berpendar indah ketika ada cahaya yang menyinarinya.

Menurut para dokter di University of Texas Medical Branch kondisi ini baru diketahui ketika sang pria ingin melakukan pemeriksaan rutin. Ia diketahui memiliki sejarah glaukoma dan sedang mengonsumsi obat untuk mengendalikan tekanan cairan di bola matanya.

"Pemeriksaan menunjukkan kelainan transiluminasi iris seperti lingkaran pelek, dan diagnosis sindrom dispersi pigmen ditegakkan," tulis dokter seperti dikutip dari NEJM, Sabtu (16/11/2019).

Sindrom dispersi pigmen atau pigment dispersion syndrome (PDS) adalah kelainan pada mata yang terjadi ketika sebagian zat warna di bagian iris hilang. Dampaknya cahaya dapat langsung masuk membuat mata tampak berpendar.

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO) ini adalah kondisi langka biasanya terjadi pada pria di umur 20-30 tahun. Penyebabnya kemungkinan bisa karena turunan.

Dalam kasus sang pria dirinya menjalani operasi karena zat pigmen yang hilang kadang dapat menyumbat saluran di mata, membuat tekanan bola mata meningkat.


Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)