Jumat, 22 Nov 2019 15:27 WIB

Kelainan Genetik, Sekujur Tubuh Bocah NTB Ini Tampak Melepuh dan Bersisik

Faruk Nickyrawi - detikHealth
Kondisi genetik langka membuat kulit Fauzan tampak melepuh dan dipenuhi sisik (Foto: Faruk Nickyrawi/detikHealth) Kondisi genetik langka membuat kulit Fauzan tampak melepuh dan dipenuhi sisik (Foto: Faruk Nickyrawi/detikHealth)
Dompu - Fauzan, bocah 1,5 tahun asal Desa Banggo, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) terlahir dengan kondisi genetik langka. Badannya terasa kaku, sering gatal-gatal yang hingga membuat dia demam tinggi. Kulit di sekujur tubuhnya seperti terbakar dan melepuh.

Fauzan diketahui mengidap kelainan genetik kulit yang membuat badannya berbeda dengan bayi, anak-anak dan orang dewasa (manusia) pada umumnya. Dia tampak seperti manusia bersisik, namun ketika dilihat secara dekat, kulitnya seperti terbakar dan mengelupas.

Orangtua Fauzan, Anwar Fagi dan Ma'ani tidak tahu persis penyakit apa yang diidap anak keduanya itu. Yang mereka tahu penyakit itu sudah terlihat sejak anaknya baru lahir.



Fauzan menggunakan salep anti gatal.Fauzan menggunakan salep anti gatal. Foto: Faruk Nickyrawi/detikHealth


Upaya pengobatan yang mereka lakukan hanya sebatas dibawa ke Puskesmas. Terkendala biaya, mereka tidak mampu membawa anaknya ke rumah sakit hingga kini. Sampai saat ini, kulit Fauzan hanya diobati dengan olesan salep kegatalan yang diberikan oleh petugas Puskesmas.

"Sudah saya berobat ke Puskesmas namun tetap seperti ini dan untuk bertobat ke rumah sakit, kami tidak mampu. Setiap hari kami hanya oleskan salep anti gatal," ungkap Ma'ani pada wartawan, Jumat (22/11/2019).



Kondisi langka membuat kulit Fauzan tampak melepuh.Kondisi langka membuat kulit Fauzan tampak melepuh. Foto: Faruk Nickyrawi/detikHealth


Ma'ani menginginkan bua hatinya untuk berobat dan mendapatkan perawatan yang layak di rumah sakit, namun membutuhkan biaya yang sangat banyak. Mengingat, penyakit yang diderita Fauzan adalah penyakit yang langka.

"Maunya kami ingin diobati dan dirawat di rumah sakit, namun terbentur dengan biaya. Sejujurnya kami sangat membutuhkan bantuan biaya," ujarnya.

Fauzan dan kedua orang tuanya kini tinggal di rumah pinjam pakai oleh tetangganya. Mereka tidak memiliki rumah sendiri. Sejauh ini tidak ada pihak pemerintah yang datang melihat keadaan Fauzan.



Simak Video "Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Menua dengan Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)