Rabu, 27 Nov 2019 14:47 WIB

Punya Kondisi Langka, Ginjal Raksasa 7,4 Kg Diangkat dari Tubuh Pria Ini

Rosmha Widiyani - detikHealth
Normalnya ginjal hanya memiliki berat sekitar 130 gram. (Foto: CNN) Normalnya ginjal hanya memiliki berat sekitar 130 gram. (Foto: CNN)
Jakarta - Seorang pria asal India mengalami kondisi langka, yang mengakibatkan ginjalnya berbobot hingga 7,4 kilogram atau hampir setara berat dua bayi baru lahir. Berat rata-rata ginjal normalnya adalah sekitar 130 gram untuk kiri dan kanan.

Dikutip dari CNN, pria berusia 56 tahun tersebut mengalami Autosomal Dominant Polycystic Kidney Disease (ADPKD). ADPKD berkaitan dengan kondisi genetik, menyebabkan kista terus berkembang di dalam ginjal.

Dokter lantas melakukan operasi untuk mengangkat ginjal tersebut. Operasi di Sir Ganga Ram Hospital, New Delhi, berlangsung selama dua jam 30 menit.

"Berdasarkan pengetahuan kami, ginjal ini adalah terberat ketiga di dunia yang pernah diangkat. Dua lainnya ada di Amerika seberat 9 kilogram dan Belanda dengan bobot 8,7 kilogram. Kami percaya ini adalah ginjal terbesar di India," kata dokter ahli urologi Dr Sachin Kathuria, yang memimpin operasi tersebut.


Keputusan operasi dibuat setelah pasien terus mengeluh sakit dan risiko kejadian gagal ginjal meningkat. Pasien juga mengeluh nyeri pinggul dan infeksi yang tidak sembuh meski telah diberi antibiotik. Obat-obatan tidak bisa melakukan penetrasi ke dalam kista.

Menurut Dr Kathuria, pasien berisiko mengalami perdarahan yang tak bisa dikontrol karena ginjal yang terlalu besar dan berat. Selain itu, pasien mengalami kesulitan bernapas karena ginjal mulai menekan organ lain.

"Pasien APKD sebetulnya tak selalu harus kehilangan ginjalnya. Hanya jika ada infeksi atau perdarahan akibat tumor atau kista. Tapi dalam kasus ini, kista telah tumbuh di sekitar ginjal dan menempati hampir seluruh area perut pasien," kata Dr Kathuria.

Pasien kini sudah pulih dan tak lagi dirawat di rumah sakit usai operasi yang berlangsung pada Oktober 2019. Saat ini pasien rutin menjalani cuci darah dan sedang menunggu transplantasi ginjal. Satu ginjal yang tersisa sebetulnya berukuran lebih besar daripada biasanya, namun hanya akan dihilangkan jika sudah ada kepastian transplantasi atau kondisi pasien makin buruk.



Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)