Rabu, 27 Nov 2019 17:35 WIB

Otak Pria Ini Terinfeksi Cacing, Gara-gara Makan Daging Setengah Matang

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto ini menunjukkan otak sang pria yang diserang cacing pita. (Foto: CNN) Foto ini menunjukkan otak sang pria yang diserang cacing pita. (Foto: CNN)
Jakarta - Kalau kamu suka mengonsumsi daging setengah matang, sebaiknya pikirkan baik-baik kebiasaan tersebut. Jangan sampai berakhir seperti yang dialami oleh seorang pria berusia 46 tahun dari China, otaknya diserang oleh parasit cacing pita.

Pria dengan sebutan Zhu tersebut dilarikan ke rumah sakit karena kejang-kejang mirip seperti pasien epilepsi. Ia mengaku selama beberapa hari terakhir tiba-tiba saja merasa pusing dan sakit kepala.

Zhu bercerita kepada dokter di rumah sakit Zhejiang University dirinya makan sup daging babi dan kambing sebelum gejala mulai muncul. Daging hanya direbus sebentar saja jadi belum benar-benar matang.


"Bagian bawah panci dengan kuah pedas tampak merah. Jadi sulit melihat apakah dagingnya sudah matang atau belum," ungkap Zhu seperti dikutip dari CNN, Rabu (27/11/2019).

Pemeriksaan MRI menunjukkan otak Zhu memiliki bintik-bintik putih tanda parasit cacing pita. Ia didiagnosis dengan kondisi neurosistiserkosis yang terjadi saat larva cacing pita masuk ke tubuh lalu bersarang di jaringan seperti otot dan otak.

Pada kasus Zhu dirinya masih beruntung karena dokter berhasil mengeluarkan cacing dan mengembalikan tekanan di otaknya. Pada Maret lalu kasus yang hampir sama terjadi pada remaja di India namun nyawanya tidak tertolong.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)