Kamis, 28 Nov 2019 18:35 WIB

Telinga Pria Ini Radang Hebat, Ternyata Ada Bawang Putih Membusuk di Dalamnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Telinga pria ini mengalami peradangan karena bawang putih. Foto: ilustrasi/thinkstock Telinga pria ini mengalami peradangan karena bawang putih. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Seorang pria asal China ini dengan sengaja memasukkan bawang putih ke dalam telinganya. Namun setelah 2 bulan tertanam, telinganya malah mengalami peradangan hebat dan mengeluarkan bau yang sangat kuat.

Seorang dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Sanhe, dr Zhong Yijun mengatakan awalnya ia hanya mengira benda yang ada di dalam telinga itu adalah efek dari peradangan yang dialami pria tersebut.

"Aku melihat ada benda asing berwarna putih di dalam telinga kirinya. Aku tidak bisa menentukan secara jelas apa itu, tapi awalnya aku mengira itu hanya akibat dari peradangan," jelas dr Yijun.


Dikutip dari Fox News, saat dokter menariknya, ternyata itu adalah bawang putih yang sudah membusuk. Setelah ditanya penyebabnya, pasiennya mengatakan ia melihat dan mencoba metode pengobatan untuk mengatasi infeksi yang ada di media sosial. Pengobatan itu menyarankannya untuk memasukkan bawang putih ke dalam telinganya.

Sebenarnya, penggunaan bawang putih sebagai pereda rasa sakit akibat infeksi ataupun pembengkakan memang sudah diketahui sejak lama. Tapi, hal itu belum bisa dibuktikan secara pasti.

Meskipun sudah mengalami peradangan hebat, telinga pria itu masih bisa diobati. Dokter membersihkan telinganya dan meresepkan obat topikal untuk mengatasi peradangan. Ia juga mengingatkan untuk tidak mencoba hal-hal seperti itu lagi.

"Jangan langsung mempercayai apa yang kamu baca, terutama terkait dengan pengobatan tradisional yang merekomendasikan untuk memasukkan benda ke dalam telinga, seperti bawang putih, jahe, bahkan cabai. Bahan-bahan dapur itu malah akan menghalangi saluran telinga hingga menyebabkan peradangan," tegas dr Yijun.


Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)