Jumat, 29 Nov 2019 19:01 WIB

Waduh! Pria China Tak Sengaja Menelan Gigi Palsunya Saat Makan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Gigi Palsu (Foto: Thinkstock) Gigi Palsu (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria berusia 80 tahun dari China harus berakhir di rumah sakit setelah diduga menelan gigi palsunya saat sedang memakan pancake. Pria yang dilaporkan bernama Mr Shang ini menyadari ada beberapa giginya yang mendadak hilang.

"Aku makan dua bakpau, lalu aku ingin makan pancake. Saat memakannya, aku tak bisa menemukan gigi palsuku. Aku memerlukan gigi palsu untuk memakannya namun aku tak bisa menemukannya. Aku berpikir 'Waduh. Gigiku tertelan'" jelasnya, dikutip dari AsiaWire.

Rasa curiga Shang terbukti benar saat ia menjalani rontgen di rumah sakit. Hasil pindaian menunjukkan adanya objek metal tajam di dalam perutnya.



"Kami menemukan lokasi gigi palsunya dengan gatroskopi. (Gigi palsunya) sudah tertelan ke dalam perutnya, dan mengabrasi bagian perut serta esofagusnya," kata Dr Zhu Jingyu, kepala gastroenterologi di Jinan Central Hospital.

Gigi palsu tersebut berjumlah tiga dan menempel di piringan besi dan memiliki pengait tajam di kedua sisinya. Sehingga untuk mengambilnya merupakan tantangan tersendiri bagi Dr Jingyu dan tim.

Ia menyebut tantangannya adalah bagaimana menariknya namun tanpa menyebabkan abrasi tambahan di perut dan esofagusnya. Terutama bagian esofagusnya, karena ada tiga bagian yang sangat sempit, jelas Dr Jingyu.

Pada akhirnya mereka mencoba berbagai cara dan peralatan, menyesuaikan sudutnya dan akhirnya mengangkat gigi palsu tersebut dari perutnya. Keseluruhan prosedur memakan waktu dua jam, dan kini dilaporkan Shang sedang menjalani pemulihan total.



Simak Video "Anjing Penghibur yang Bikin Pasien Kembali Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)