Jumat, 13 Des 2019 11:20 WIB

Idap Radang Otot, Jemari Tangan Nenek Ini Menekuk ke Samping

Frieda Isyana Putri - detikHealth
foto X-Ray yang menunjukkan jemari nenek ini menekuk ke samping. Foto: New England Journal of Medicine foto X-Ray yang menunjukkan jemari nenek ini menekuk ke samping. Foto: New England Journal of Medicine
Jakarta - Seorang wanita berusia 69 tahun asal Turki mengalami rheumatoid arthritis yang membuat jemarinya menekuk tak normal, miring ke arah kelingkingnya. Kasusnya dipublikasikan dalam jurnal New England Journal of Medicine.

Pada 18 tahun lalu, wanita yang belum diketahui identitasnya ini terdiagnosis rheumatoid arthritis. Akan tetapi beragam pengobatan tidak membantu hingga membuatnya semakin parah sampai-sampai buku-buku jarinya membengkak hingga jemarinya patah dan menekuk ke arah kelingkingnya.

Kondisi ini disebut dengan ulnar deviation, yang ditulis oleh para dokter dengan "jemari memendek dengan kelenturan jemari aktif yang berkurang dan ketidakmampuan menggenggam," menurut laporan tersebut.


Hasil pindaian X-Ray menunjukkan bahwa wanita yang siku, lutut, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki kiri juga membengkak tersebut mengalami kondisi yang disebut arthritis mutilans atau jemari teleskop.

"Yakni sebuah kondisi yang terjadi saat tulang melebur dan jaringan lunak tak dapat menyokong jemari dan berakhir menumpuk," demikian ditulis Medical News Today.

Dikutip dari Fox News, para dokter menyebut fenomena ini adalah konsekuensi dari resorpsi tulang yang terjadi. Arthritis mutilans juga sering dianggap jemari teleskop karena menyerupai teleskop yang bisa dilipat kembali.

Salah satu dokter yang menangani wanita tersebut berhasil menarik perlahan jemarinya untuk meluruskan sementara. Ia diberikan bermacam-macam pengobatan untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak namun tangannya secara fungsional tetap lumpuh.

baca juga

Simak Video "Belajar Pantang Menyerah dari Tiffany, Gadis dengan Autisme"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)