Minggu, 15 Des 2019 17:09 WIB

Ngeri! Balita Ini Tertusuk Termometer Hingga Tembus ke Otak

sa - detikHealth
Ilustrasi termometer (Foto: iStock) Ilustrasi termometer (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang balita harus dioperasi karena termometer yang menusuk kepala hingga menembus sampai ke otak. Sang ibu, Zhang mengatakan awalnya ia meninggalkan anaknya sebentar yang bernama Cheng Xiyu (2) untuk membuatkan susu.

"Aku menempatkannya di atas tempat tidur dan memintanya untuk tetap di sana. Tapi, dia malah mengambil tutup botol itu dan berlari ke arahku," jelas Zhang yang dikutip dari The Sun.

Zhang mengatakan, anaknya tersandung hingga jatuh dan melihat termometer yang dipegangnya menusuk ke salah satu matanya. Akhirnya, ia membawanya ke klinik lokal di daerah Jingyang, di provinsi Shaanxi, China. Tapi, karena kasusnya terlalu parah, akhirnya Xiyu dirujuk ke Rumah Sakit Anak Xi'an.



"Benda sepanjang 10 sentimeter itu sudah menembus lebih dari 5 sentimeter ke arah otaknya. Itu menyebabkan beberapa kerusakan, tapi untungnya tidak sampai mempengaruhi fungsi kognitifnya," ujar Kepala ahli bedah saraf, dr Shi Hangyu.

Setelah melewati serangkaian tes, akhirnya Xiyu dibawa ke ruang operasi untuk mencabut benda itu. dr Shi menjelaskan, yang menjadi tantangannya adalah mengeluarkannya tanpa menusuk ataupun melukai otaknya.

"Kami menghabiskan beberapa jam untuk menariknya keluar. Kami terus mencari celah agar keadaannya tetap aman dan baik-baik saja," imbuhnya.

Setelah benda itu dikeluarkan, kondisi Xiyu stabil dan masih bisa melihat tanpa ada masalah. Namun, para dokter termasuk dr Shi akan terus memantaunya selama masih dirawat di rumah sakit. Ia khawatir, akan adanya kemungkinan kebocoran plasma otak hingga infeksi pada bagian yang tertusuk.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)