Senin, 16 Des 2019 16:56 WIB

Waduh! Idap Kondisi Langka, Wanita Ini Belanja Online Saat Tertidur

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi belanja online. Foto: shutterstock
Jakarta - Biasanya orang dengan gangguan tidur bisa berjalan saat tertidur lelap. Namun Rachel Lane (27) lebih parah daripada itu. Ia bisa berbelanja online saat tertidur.

Wanita pembuat roti dari Maine, Amerika Serikat ini didiagnosis narkolepsi langka, yaitu gangguan saraf yang memengaruhi kendali pada aktivitas tidur. Orang dengan kondisi ini kerap tertidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat.

Pada kasus Rachel, ia bisa tertidur saat pemakaman, konser, di tengah percapakan, atau bahkan berhasil belanja online saat tertidur pulas. Ia berbelanja barang-barang rumah tangga seperti pisau, talenan, mainan anjing, hingga gaun untuk pesta prom.



"Saya mungkin menghabiskan sekitar £ 300 (setara dengan Rp 5,6 juta). Saya kebanyakan memesan dari Amazon. Saya pikir otak saya masih aktif ketika saya tidur sehingga mulai melakukan hal-hal yang biasanya saya lakukan ketika bangun, dan kartu kredit saya sudah siap," ujarnya dikutip dari Metro.

Awal mulanya, Rachel mengidap gangguan tidur ini setelah ia terserang virus karena cakaran kucing pada 2015 lalu. Ia sering mengalami kelelahan ekstrem dan selalu mengantuk hingga tak kuat untuk mengemudi serta mengalami halusinasi saat tertidur. Akhirnya Rachel mengunjungi dokter spesialis tidur pada 2016 karena kerap tidur sambil berjalan.

"Adik ipar saya melihat saya menusukkan pisau dan pena ke kasur (saat tidur), jadi saya mengadopsi seekor anjing untuk membantu membangunkan saya dan sekarang jika saya lumpuh, ia berada di atas saya untuk menjaga saya tetap aman," ungkap Rachel.

Keluarga dan teman-temannya tengah berjuang memahami kondisinya. Begitu juga dengan suaminya, Andrew (32) yang mencoba mendukung tetapi tidak mengerti sepenuhnya, menurut Rachel. Rachel pun merasa frustasi karena kondisinya itu.



Simak Video "Alami Kondisi Langka, Pria Ini 'Terjebak' di Tubuh Bocah 13 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)