Minggu, 22 Des 2019 09:05 WIB

Bak Hamil Anak Kembar, Rupanya Ibu Ini 'Mengandung' Tumor Seberat 35 Kg

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Perut membuncit yang dialami seorang wanita adalah tumor besar. (Foto: shutterstock))
Jakarta - Awalnya wanita di China ini mengira perutnya hanya kembung sebelum akhirnya dokter menemukan ada tumor seberat 35 kg di dalam perutnya. Selama bertahun-tahun, wanita berusia 59 tahun tersebut 'mengandung' tumor tersebut.

Diketahui bernama Huang, pada suatu hari ia dilarikan ke rumah sakit saat mendadak kesulitan bernapas. Huang mengaku ia juga kesulitan tidur, ia hanya bisa duduk dengan diganjal setumpuk bantal di punggungnya.

Dikutip dari Fox News, beberapa rumah sakit dilaporkan menolak untuk menanganinya hingga ia sampai ke rumah sakit Second Affiliated Hospital of Harbin Medical University. Usai menjalani pemeriksaan dan pindaian, dokter mendiagnosisnya dengan ovarian mucinous cystadenoma jinak.


Kondisi apakah itu? Kondisi ini adalah munculnya kista atau tumor jinak di ovarium. Tumornya cenderung bisa membesar namun jarang terjadi, tumor berbentuk kista ini berisi cairan yang bisa menyebabkan komplikasi apabila pecah.

"Aku sudah menjadi dokter selama 38 tahun dan telah melihat banyak tumor besar, namun aku tak pernah melihat yang satu ini. Pindaian menunjukkan tumor raksasa menutupi area rongga panggulnya. Organ-organ lainnya seperti hati, kantong empedu, limpa, ginjal, tidak ada yang bisa dilihat," tutur Dr Li Peiling, salah satu dokter yang menangani Huang.

Dr Peiling menyebutkan bahwa kesan pertama yang ia lihat dari pasiennya adalah bak hamil anak kembar. Ia mengatakan butuh 90 menit untuk 'menguras' tumor tersebut dan mengoperasinya untuk mengangkatnya dari tubuh pasien. Huang dilaporkan masih dalam masa pemulihan dari operasi tersebut.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)