Sabtu, 28 Des 2019 19:00 WIB

Mengejutkan, Pria Ini Terinfeksi Sifilis di Matanya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mata pria ini mengalami sifilis yang menjalar dari penyakit kelaminnya. Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta - Seorang pria terdiagnosis sifilis di matanya setelah mengeluh sakit kepala. Pria berusia 39 tahun asal Australia ini memeriksakan diri ke rumah sakit usai mengalami sakit kepala terus-menerus selama tiga minggu.

Sakit kepalanya makin parah saat ia menggerakkan matanya, namun ia menyebut pandangannya masih normal. Saat dokter mengecek bagian belakang matanya, mereka menyadari saraf optik yang mengirimkan sinyal ke otak menjadi bengkak.

Tes selanjutnya menunjukkan bahwa ia terinfeksi sifilis, infeksi menular seksual yang menyebar dari alat kelaminnya. Sifilis bisa menyebar ke seluruh tubuh apabila tak segera ditangani.

"Sifilis disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang sering disebarkan melalui seks tak aman," demikian dilaporkan situs Daily Mail.

Pasien yang tak diketahui namanya ini mengaku bahwa ia dalam hubungan dan melakukan hubungan intim dengan sesama jenis yang berbeda beberapa kali. Sifilis merupakan infeksi yang berbahaya karena kebanyakan orang tak memiliki gejala, yang berarti bisa tak disadari selama beberapa tahun hingga menyebar ke seluruh tubuh.

Jika ini terjadi, maka sifilis bisa menginfeksi otak dalam komplikasi yang disebut neurosifilis atau di mata, seperti dalam kasus ini, yang disebut sifilis optik neuritis.

"Infeksi mata bisa mengenai sedikit orang, yakni satu dari 100 orang pengidap sifilis. Sifilis mesti dipertimbangkan sebagai diagnosis dalam semua kasus pembengkakak saraf optik," tutur Jason Yosar dari Sydney Eye Hospital, yang menangani pria tersebut.

Pria tersebut kini menjalani pengobatan dengan antibiotik yang disuntikkan selama dua minggu. Ia dikabarkan sudah mengalami pemulihan total.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)