Selasa, 31 Des 2019 14:35 WIB

Kanker Kulit Buat Pria Berusia 50 Tahun Seperti Punya Tanduk di Punggung

Nurul Khotimah - detikHealth
Kanker kulit dapat tumbuh tidak terkendali. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria berusia 50 tahun diketahui memiliki benjolan seperti tanduk di punggungnya selama tiga tahun. Pria yang namanya tidak disebutkan tersebut menjalani operasi darurat untuk pengangkatan tanduk yang ternyata kanker kulit.

Tanduk sang pria terdiri dari protein yang sama seperti zat penyusun rambut, kulit dan kuku. Berdasarkan laporan di British Medical Journal Case Reports oleh Dr Agata Marta Plonczak dan rekan-rekannya, tanduk tersebut berukuran panjang 14 cm dan lebar 5,8 cm.

Anehnya meski sang pria sebelumnya tidak pernah melakukan perawatan, sel kanker tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya layaknya kanker pada umumnya.


Jenis kanker ini biasanya muncul di area tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti kepala, telinga, leher, dan punggung tangan. Namun pria itu mengaku tidak berjemur dan tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker kulit.

Untungnya ia segera mendapat penanganan medis meski sebelumnya diabaikan. Tanduk itu berhasil dicabut tapi meninggalkan lubang yang menganga di punggung. Dokter melakukan cangkok kulit dari pahanya untuk membangun kembali sel kulit di punggungnya.

"Ini menyoroti bahwa meskipun kesadaran publik terhadap kanker kulit saat ini dan langkah-langkah perawatan kesehatan yang ketat, kasus-kasus seperti ini masih dapat muncul dan menyelinap tak terdeteksi," kata Dr Plonczak dalam laporan, dikutip dari The Sun, Selasa (31/12/2019).



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)