Selasa, 28 Jan 2020 08:24 WIB

Berbulan-bulan Sakit Kepala Tak Sembuh, Ternyata Otak Ditumbuhi Cacing Pita

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ilustrasi operasi Sakit kepala tak sambuh-sembuh ternyata ada infeksi cacing pita di otak (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang pria di Texas merasakan nyeri kepala sampai muntah, namun tak pernah menemukan penyebabnya. Hingga suatu ketika, dokter menemukan ada cacing pita tumbuh di otaknya.

Pria yang hanya disebut 'Gerardo' tersebut kemungkinan mengalami infeksi neurocysticercosis. Diduga penyebabnya adalah makan daging babi yang tidak matang saat berada di Mexico.

Berbulan-bulan Gerardo merasakan nyeri di kepalanya. Kadang sangat sakit sampai terasa ingin muntah. Hingga suatu ketika, ia pingsan saat sedang bermain sepakbola.

"Sangat intens, sangat kuat. Membuat saya berkeringat juga, berkeringat karena sakit, nyeri di kepala dan kemudian saya muntah kesakitan," jelasnya pada CBS 21, dikutip dari Dailymail.

Seorang dokter bedah saraf, Dr Jordan Amadio, memeriksa pria ini dan menemukan penyebab sesungguhnya. Pemindaian otak menunjukkan ada ada massa di dekat batang otaknya, ditandai dengan warna merah sepanjang 4 cm.

Pemeriksaan lanjutan memastikan, massa tersebut bukan tumor melainkan cacing pita berukuran besar. Gerardo beruntung, dokter bisa mengeluarkannya dan kondisinya berangsur pulih.



Simak Video "Naegleria fowleri, Si Amuba Pemakan Otak yang Mematikan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)