Rabu, 05 Feb 2020 18:30 WIB

Idap Kondisi Langka, Wanita Ini Punya Rambut 'Lentik' Tumbuh di Giginya

Siti Masluha - detikHealth
Child having a dental examination Kondisi langka, rambut tumbuh di gigi seorang wanita. (Foto: Istock)
Jakarta -

Hal buruk apa yang bisa terjadi terhadap mulut Anda? Bagaimana kalau Anda menemukan rambut tumbuh di mulut Anda? Itulah yang terjadi pada seorang wanita muda asal Italia yang menemukan ada rambut tumbuh dari gusinya.

Pada 2009 saat usianya 19 tahun, ia pertama kali mengunjungi dokter untuk memeriksa keadaannya. Pada saat itu, ia didiagnosis menderita Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS).

Menurut National Institutes of Health kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon seks dalam tubuh. PCOS dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan (gejala yang dikenal sebagai hirsutisme), termasuk kelebihan rambut wajah dan tubuh.

Operasi mulut di lakukan untuk menghilangkan rambut di gusinya, selain itu diberi pil KB untuk membantu mengatur kadar hormon (kontrasepsi hormon adalah pengobatan yang dikenal untuk PCOS) sehingga rambut di gusinya tidak tumbuh lagi.

Tetapi saat dia berhenti meminum pil KB yang diresepkan dokter, rambut di gusinya akan kembali tumbuh dan semakin banyak di gusinya.

Kasus seperti ini sangat langka, sebelumnya hanya lima kasus serupa yang pernah terjadi dan telah dilaporkan dalam literatur medis. Dokter menyarankan untuk terus meminum pil KB dan melakukan rawat jalan untuk menghentikan rambut di gusinya tumbuh.



Simak Video "Tips Sehat dr Reisa bagi Penderita PTM Usia di Atas 50 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)