Rabu, 19 Feb 2020 10:34 WIB

Lelah Tangani Pasien Virus Corona 20 Jam Nonstop, Dokter Tidur Bersandar di Dinding RS

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dokter tangani virus corona Dokter kelelahan tangani virus corona. (Foto: via The Paper)
Jakarta -

Sementara kasus pasien virus corona COVID-19 bertambah setiap harinya, para petugas kesehatan seperti perawat dan dokter harus rela mengorbankan semua waktunya untuk menangani pasien yang membutuhkan perhatian.

Saat ini tercatat 72 ribu kasus terinfeksi dan lebih dari seribu kematian akibat virus corona di seluruh dunia dan sebagian besar di antaranya terjadi di China. Meski jumlah kasus meningkat tiap harinya, pasien sembuh pun diperkirakan telah mencapai 12 ribu jiwa.

Cerita menyentuh mengenai perjuangan dokter melawan keganasan virus corona telah beredar luas di internet. Seperti yang dilaporkan media lokal The Paper yang dikutip dari World of Buzz beberapa waktu lalu.

Pada hari Valentine, 14 Februari lalu, beberapa pasien yang didiagnosis dengan COVID-19 pergi ke area tes khusus karena mereka perlu mempersiapkan CT scan. Ketika pasien tiba, mereka melihat sesuatu yang sangat menyayat hati.

Seorang dokter yang harusnya menunggui mereka terlihat tertidur karena sangat lelah. Ahli radiologi di Rumah Sakit Rakyat Distrik Wenjiang, Chengdu, Zhang Rui, ditemukan sedang tertidur dalam keadaan duduk dan bersandar di tembok RS saat menunggui pasiennya.

Dia secara tidak sengaja tertidur ketika bersandar di dinding setelah bekerja selama 20 jam dan melakukan 26 CT scan dan sinar-X pada pasien. Para pasien melihatnya tidur di sana dan tidak tega untuk membangunkannya karena mereka mengerti bahwa dia pasti kelelahan.

"Ini bukan apa-apa dan semua orang di departemen mengalami hal yang serupa," kata rekannya, Li Chen. Sebelumnya Li menawarkan untuk berganti shift tapi Zhang menolak dengan halus sambil berkata ia masih kuat.

Bahkan, untuk mengurangi pemborosan peralatan pelindung, staf medis akan berusaha untuk tidak minum air yang begitu banyak sehingga mereka tidak perlu sering pergi ke toilet.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)