Kamis, 20 Feb 2020 14:29 WIB

Santuy! Musisi Ini Asyik Main Biola Saat Dokter Membedah Otaknya

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
bermain biola saat operasi tumor otak Seorang musisi bermain biola saat dokter membedah otaknya (Foto: CNN)
Jakarta -

Wanita 53 tahun, Dagmar Turner, mengalami tumor di bagian otaknya. Ahli bedah memintanya untuk memainkan biola guna memastikan agar kemampuan motorik pasien tidak rusak selama operasi pengangkatan tumor berlangsung di Rumah Sakit King's College di London.

Pemain biola profesional ini mengalami tumor otak di lobus frontal kanannya, sehingga sangat dekat dengan area otaknya yang berfungsi bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan gerakan halus di tangan kirinya. Daerah-daerah inilah yang sangat penting untuk membantunya memainkan biola. Ahli bedah mengungkapkan jarak tumornya sangat dekat dengan bagian saraf yang membuat turner mampu bermain biola.

"Biola adalah hasrat saya. Saya telah bermain sejak saya berusia 10 tahun dan kehilangan kemampuan saya untuk bermain sangat memilukan," kata Turner, dikutip dari CNN.

Sebelum dilakukan pengangkatan tim ahli medis menghabiskan waktu dua jam untuk memetakan otak Turner untuk mencari tahu bagian mana yang aktif ketika dia memainkan biola. Ahli beda saraf, Keyoumars Ashkan mengungkapkan dari berbagai pasien yang dia operasi turner menjadi yang pertama yang memainkan instrumen.

"Kami melakukan sekitar 400 reseksi (pengangkatan tumor) setiap tahun, yang sering melibatkan membangkitkan pasien untuk melakukan tes bahasa, tetapi ini adalah pertama kalinya saya memiliki pasien memainkan instrumen," tegasnya.

Hasilnya dokter berhasil menghilangkan lebih dari 90 persen tumor tanpa merusak kemampuan motorik halus pada otak Turner. Tiga hari setelah pengangkatan Turner diperbolehkan pulang.

"Aku berharap bisa segera kembali dengan orkestraku," kata Turner setelah operasi.



Simak Video "Game Viral Among Us dan Diagnosa Impostor Syndrome"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)