Sabtu, 29 Feb 2020 12:02 WIB

Gadis Ini Meninggal 'Semenit' Setelah Operasi Amandel

Siti Masluha - detikHealth
ilustrasi operasi Ilustrasi operasi. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sepasang suami istri mengatakan bahwa anak perempuan mereka yang berusia tujuh tahun meninggal dunia. Anaknya meninggal dunia 'semenit' atau tak lama setelah melakukan operasi tonsilektomi yang kerap dikenal sebagai operasi pengangkatan amandel.

Melansir Insider, gadis asal Carolina Selatan, AS, bernama Paisley Elizabeth Grace Cogsdill ini meninggal pada (21/2/2020). Menurut orang tua Elizabeth, sebelumnya anak mereka dalam keadaan sehat, tidak ada masalah atau keluhan apapun.

"Masuk ke ruang operasi, dia tak merasa takut. Ia ceria dan bahagia, seperti tidak akan terjadi kesalahan," tutur sang bunda.

Operasi pengangkatan amandel umumnya dilakukan untuk mengobati pernapasan yang buruk, pembesaran amandel, dan penyakit langka tertentu. Namun operasi amandel memang memiliki beberapa risiko, seperti mengalami pembengkakan, pendarahan, dan kemungkinan infeksi.

Meski begitu, belum diketahui pasti terkait penyebab operasi amandel bisa membuat anak berusia tujuh tahun meninggal. Kasus kematian yang terjadi akibat operasi amandel pun jarang terjadi.

Namun untuk mencegah risiko tersebut, setelah operasi amandel kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, menjaga pola makan, dan meminta saran dokter apabila merasa sakit pada tenggorokan.



Simak Video "Dukungan yang Bisa Dilakukan agar Pasien Corona Tak Takut Stigma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)