Senin, 02 Mar 2020 07:00 WIB

Tahi Lalat Wanita Ini Berubah, Tak Tahunya Kanker Melanoma Stadium 4

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Close up photo of a benign birthmark Ilustrasi tahi lalat (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Wanita asal Australia bernama Courtney berusia 33 tahun memiliki tahi lalat yang belakangan diketahui adalah kanker melanoma. Ia memiliki tahi lalat kecil sejak 2017.

Sebelumnya ia tak pernah mengira tahi lalatnya ini adalah kanker melanoma. Awal ia tahu kalau dirinya mengidap kanker melanoma karena merasakan gejala seperti rasa panas di area tahi lalatnya. Tahi lalat yang berada di pundak kanannya disebut berubah menjadi benjolan kecil sebesar 12-15 sentimeter.

"Aku khawatir tentang itu, tetapi tidak yakin apa itu tahi lalat yang berubah, atau ada benjolan lain," kata Courtney yang terdiagnosis kanker melanoma November 2019 lalu.

Dilaporkan Daily Mail Australia, setelah melalui pemeriksaan dokter kulit, tahi lalat yang selama ini ia kira tidak bermasalah ternyata membuat dirinya mengidap kanker melanoma.

"Saya sudah memeriksakan beberapa kali ke dokter umum, dan mereka semua berpikir itu baik-baik saja, tetapi ketika Ayah saya mengatakan tahi lalat saya seperti berubah, dan ia menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kulit, akhirnya setelah melalui tes, dokter mengatakan saya mengidap melanoma," kata Courtney, dikutip dari Daily Mail, Minggu (1/3/2020).

Mengutip Cancer, melanoma adalah jenis kanker kulit. Kondisi ini muncul karena adanya gangguan sel yang memproduksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit.

Umumnya kanker melanoma ditandai dengan perubahan bentuk, warna, ukuran dari tahi lalat yang ada. Namun, sebagian kasusnya juga berkembang dari tahi lalat yang sudah ada.

Selain itu, melanoma juga bisa berkembang di area tersembunyi atau yang sama sekali tidak terpapar sinar matahari. Area tubuh yang dimaksud yaitu ruang di antara jari-jari kaki dan telapak tangan, kulit kepala, hingga alat kelamin.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)