Rabu, 01 Jul 2020 12:31 WIB

Kerap Dengar Suara Aneh, Ternyata Ada Kecoak di Dalam Telinga Pria Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi sakit telinga Sering dengar suara aneh, ternyata kecoak ditemukan di dalam telinga pria ini. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Kecoak hidup ditemukan di telinga seorang pria asal China. Pria ini menyadari ada sesuatu yang aneh di dalam telinganya karena mendengar bunyi goresan kecil atau seperti sedang 'menggaruk' berulang kali.

Saat tidur, suara aneh dalam telinga pria ini selalu muncul. Ia tidak mengira suara aneh ini ternyata berasal dari kecoak di dalam telinga-nya.

Dikutip dari Daily Star, kecoak ini akhirnya berhasil dikeluarkan usai si pria selalu mengeluh telinganya terasa nyeri dan gatal. Rumah Sakit Xiangzhou di Zhuhai, di Provinsi Guangdong, China Selatan, melaporkan kasus yang dialami pria ini bukan satu-satunya.

Dikatakan, RS Xiangzhou merawat tiga pasien dalam tujuh jam yang memiliki serangga di dalam telinganya. Spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) Yi Changlong mengatakan pasien pertamanya bernama He tiba di RS pada 24 Juni dengan keluhan gatal, rasa sakit di telinga, dan suara seperti 'menggaruk' secara intens di dalam telinganya.

"Kecoak sepertinya merayap ke telingaku ketika aku sedang tidur. Rasa sakit dan gatal membuatku terjaga sepanjang malam," keluh He.

Dokter Yi mengatakan usai melakukan pemeriksaan pada telinga He, ditemukan kecoak kecil yang mencoba masuk ke telinga He. Bahkan kecoak itu telah melukai gendang telinga He.

Untungnya, kecoak yang ada di dalam telinga pria tersebut berhasil diatasi dengan obat tetes telinga, lalu diangkat dengan pinset.

"Seandainya kecoa itu tidak dilepaskan pada waktunya, itu bisa melukai gendang telinganya," kata dr Yi.

Tenaga medis RS Xiangzhou kemudian mengatakan merawat dua orang lain dengan gejala yang sama di hari yang sama.

"Saya mengikutinya dengan menggunakan pengangkat telinga. Saya tidak bisa melihat apa itu, tetapi itu semakin jauh ke telinga saya," kata Chen pasien berikutnya dengan gejala serupa.

Petugas medis menyarankan untuk tidak mencoba menghilangkan serangga dengan cotton buds atau ear picks, yang selanjutnya dapat mengganggu agitasi atau membunuh mereka di dalam telinga.

"Kadang-kadang jika Anda menyinari obor ke telinga, serangga mengikuti cahaya. Ketika itu tidak berhasil, minyak sayur dapat digunakan untuk menenggelamkan serangga. Jika tidak pasti, cari bantuan medis," saran dr Yi.



Simak Video "Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Ternyata Tidak Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)