Minggu, 26 Jul 2020 06:30 WIB

BAB dengan Feses Warna Perak, Wanita Ini Ternyata Idap Penyakit Langka

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Woman sitting in the toilet Seorang wanita BAB dengan feses berwarna silver (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita di Amerika Serikat yang tidak disebut namanya dibawa ke ruang gawat darurat di Rumah Sakit MedStar Georgetown University karena mengidap kanker usus besar metastasis. Ia mengeluh pusing selama dua minggu yang tidak membaik.

Saat dirawat di rumah sakit, wanita tersebut menjalani tes fases untuk mengetahui penyebab fases bewarna perak.

Hasilnya tes menunjukan, di dalam fases terdapat darah. Sedangkan rontgen pada perut dan panggulnya ditemukan kanker yang sudah menyebar ke hati.

Dikutip dari Mirror, para dokter yang memeriksa wanita tersebut juga menemukan tumor kolorektal, yaitu jenis tumor yang terdapat di usus besar.

Tim dokter menduga bahwa fases wanita berubah menjadi perak akibat adanya kombinasi penyakit kuning dan pewarnaan hitam pada kotorannya, akibat dari obat yang ia minum.

Namun, untuk penangan penyakit tersebut, para dokter memutuskan bahwa pilihan terbaik hanyalah perawatan rumah sakit dan belum ada tindakan khusus.

"Warna tinja umumnya dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan juga oleh jumlah empedu, cairan kuning-hijau yang mencerna lemak dalam feses Anda. Saat pigmen empedu berjalan melalui saluran pencernaan Anda, mereka secara kimiawi diubah oleh enzim, mengubah pigmen dari hijau menjadi coklat," ucap Dr Michael F Picco, seorang dokter di Mayo Clinic, dikutip dari Mirror.

Dr Picco menyarankan untuk segera periksa ke dokter jika warna feses Anda memiliki warna yang aneh dan mencurigakan, agar mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

"Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda khawatir tentang warna tinja Anda. Jika tinja Anda berwarna merah terang atau hitam dan disertai dengan adanya darah segera cari bantuan medis," kata Dr Picco, dikutip dari Mirror.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)