Senin, 24 Agu 2020 18:58 WIB

Terbesar di Dunia, Tumor Ovarium 54 Kg Diangkat dari Rahim Wanita India

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi operasi Tumor seberat 54 Kg diangkat dari rahim seorang wanita di India (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 52 tahun asal India harus menjalani operasi pengangkatan tumor ovarium seberat 54 kilogram. Diklaim merupakan tumor ovarium terbesar di dunia.

Operasi pengangkatan tumor ovarium tersebut berjalan dengan lancar. Disebutkan, ia dirawat di Rumah Sakit Indraprastha Apollo di New Delhi, India.

"Selama lebih dari 30 tahun pengalaman saya sebagai seorang ahli bedah, saya tidak pernah menemukan kasus di mana tumor memiliki berat hampir setengah dari berat badan seseorang," kata Dr Arun Prasad, ahli bedah gastroenterologi dan bariatrik sekaligus pemimpin operasi tumor ovarium tersebut, dikutip dari Anadolu.

Menurut keterangan pihak rumah sakit, sebelum dioperasi wanita itu mengalami keluhan, seperti susah bernapas, sulit berjalan, dan mengalami nyeri akut di perutnya. Bahkan, berat badannya pun mencapai 106 kilogram.

"Untungnya, tumor itu jinak dan pasien tidak memiliki komorbiditas, yang memungkinkan pemulihan lebih cepat. Pasca operasi, berat badannya turun menjadi 56 kilogram," jelas Prasad.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)