Kamis, 08 Apr 2021 19:00 WIB

Gara-gara Penyakit Autoimun Langka, Hidung Wanita Ini Ambles

Firdaus Anwar - detikHealth
Hidung Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Bila suatu waktu kamu terbangun tanpa hidung, apa yang akan kamu lakukan? Hal ini terjadi pada seorang wanita berusia 34 tahun dari Boston, Amerika Serikat.

Sang wanita dilaporkan mengalami kondisi autoimun langka yang memengaruhi struktur tulang dan tulang rawan hidungnya. Dalam laporan di The New England Journal of Medicine (NEJM), hidung sang wanita kolaps dan perlahan masuk ke arah wajah dalam periode waktu tujuh tahun.

Hal ini menurut dokter dari Massachusetts General Hospital disebabkan kelainan antibodi yang menyerang sel sehat. Pada kasus sang wanita, hidungnya mengalami gejala peradangan kronis dan tumbuh jaringan abnormal polip.

"Pengecekan fisik memperlihatkan tulang hidung yang kolaps total dan ujung hidungnya amblas. Diagnosis kondisi granulomatosis dengan polyangiitis (GPA)," tulis para dokter seperti dikutip dari NEJM, Kamis (8/4/2021).

Menurut National Organization for Rare Disorders (NORD), GPA dapat terjadi dalam periode waktu yang panjang atau singkat. Gejalanya beragam, tergantung bagian tubuh mana yang terpengaruh.

Beberapa kasus GPA yang pernah dilaporkan membuat seseorang kehilangan indra pendengaran, penglihatan, gagal ginjal, sampai kerusakan saraf.

Untuk mengobati kondisi ini, sang wanita menerima obat-obatan imunosupresan yang menekan kinerja antibodi. Kondisinya membaik tapi kecacatan yang sudah terjadi pada hidung tetap ada.



Simak Video "Kisah Cita Citata 5 Tahun Idap Autoimun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)