Jumat, 09 Apr 2021 18:57 WIB

Wanita Ini Terlahir dengan 2 Vagina, Baru Ketahuan Saat Melahirkan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Seorang wanita terlahir dengan kondisi langka, punya 2 vagina (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita baru menyadari bahwa dirinya memiliki dua vagina di usia 26 tahun. Ia baru mengetahui kondisi tersebut dari perawat yang membantunya saat melahirkan anak pertamanya.

Wanita bernama Brittany Jacobs ini pun membagikan ceritanya di akun TikTok pribadinya. Dalam video tersebut, perawat yang merawatnya mengatakan dirinya memiliki dua vagina, dua serviks, dan dua rahim.

"Saya selalu percaya itu adalah selaput dara. Dan seiring bertambahnya usia, saya pikir itu akan hilang suatu saat nanti," kata Jacobs yang dikutip dari New York Post, Jumat (9/4/2021).

Sebelum Jacobs mengetahui kondisi tubuhnya itu, ia selalu merasa beberapa kondisi yang aneh. Saat menstruasi, ia merasa sangat sakit hingga membuatnya menangis.

"Toleransi rasa sakit yang sangat tinggi saat mengalami periode (menstruasi). Rasanya sangat buruk, sehingga saya menangis," lanjutnya.

Selama menstruasi, tampon yang digunakannya bisa penuh dalam waktu beberapa menit saja. Saat melakukan seks pun ia merasakan rasa sakit yang sangat menyiksa.

Untuk mengatasinya, lanjut Jacobs, dokter persalinannya harus melakukan sesuatu untuk membantunya melahirkan anak pertamanya. Dokter akhirnya memotong septum yang memisahkan kedua vaginanya.

"Artinya sekarang saya hanya memiliki satu lubang (vagina) dan bisa melahirkan," ungkapnya.

Kondisi Jacobs ini disebut dengan uterus didelphys atau uterus ganda. Hal ini bukanlah kondisi yang langka dan aneh, karena sebelumnya sudah ada beberapa kasus yang serupa.

"Pada dasarnya, semua ginekolog sudah pernah melihat kondisi ini di beberapa pasien. Kondisi ini tidak aneh dan sudah beberapa kali terjadi. Namun, kondisi tersebut bisa mengganggu kemampuan reproduksi dan menyebabkan masalah pada ginjal," jelas profesor klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Yale Dr Mary Jane Minkin.



Simak Video "Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)