Jumat, 23 Apr 2021 17:09 WIB

Tak Sengaja Ketetesan Lem Kuku, Mata Wanita Ini Rekat Tak Bisa Dibuka

Vidya Pinandhita - detikHealth
Contact lens on fingers Foto: Thinkstock
Jakarta -

Gara-gara salah mengambil botol, wanita asal Michigan, Yacedrah Williams malah meneteskan lem pada matanya. Walhasil, matanya menempel tertutup dan tak bisa ia buka lagi.

Semua berawal dari kelupaan mencopot softlens sebelum tidur. Pukul 1 pagi, Williams terbangun dari tidurnya dan teringat lensa kontak masih melekat di matanya. Karena matanya kering, ia merogoh isi tas kecilnya, berniat mengambil botol berisi obat tetes mata.

Tak pikir panjang, Williams langsung meneteskan cairan tersebut pada bola matanya. Akan tetapi, matanya menutup rekat dan tak bisa ia buka lagi. Rupanya tak sengaja, ia baru saja meneteskan lem kuku pada matanya.

"Saya langsung menyiramkan air dingin pada mata saya dan mencoba memisahkan bagian yang menempel pada mata saya. Tapi tidak bisa," kata Williams, dikutip dari Live Science, Jumat (23/4/2021).

Meski tak berujung berhasil, Dokter mata di Beaumont Health di Royal Oak, Michigan, dr George Williams menyebut, langsung membasahi mata dengan air bersih adalah langkah tepat. Meski belum tentu berhasil, setidaknya air bersih bisa menjadi pertolongan pertama untuk mata.

"Jika ada sesuatu yang masuk ke mata Anda, hal yang harus segera dilakukan adalah coba bilas mata Anda menggunakan air agar kotoran atau benda keluar," kata dr Williams.

Akibat insiden tersebut, Williams kehilangan seluruh bulu matanya yang habis 'tercabut' oleh lem. Setelah ditangani di rumah sakit, dokter berhasil membuka kembali mata Williams dan mencabut lensa kontak yang sempat menempel pada mata Williams akibat lem kuku.

Rupanya menurut dokter, pengalaman Williams bukan satu-satunya kecelakaan pada mata akibat salah tetes cairan. Namun gara-gara insiden tersebut, Williams kapok dan tak mau lagi berurusan dengan lem kuku.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)