Senin, 26 Apr 2021 10:35 WIB

Idap Kelainan Saraf Langka, Wanita Ini Selalu Tertidur Tiap Tertawa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Girlfriends using Smartphone in Coffeeshop Seorang wanita mengidap kelainan saraf langka yang membuatnya tidur tiap tertawa. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta -

Seorang wanita bernama Bella Kilmartin mengidap kondisi medis yang langka. Kondisi tersebut pun sempat membuatnya hampir tenggelam di kolam renang.

Bella mengatakan kondisi tersebut akan terjadi saat dirinya tertawa. Ketika tertawa, ia tidak bisa mengendalikan semua otot yang ada di tubuhnya.

"Saat saya tertawa, saya tidak bisa mengendalikan semua otot yang ada di tubuh. Lutut saya lemas, kepala saya terkulai," kata Bella yang dikutip dari Daily Star, Senin (26/4/2021).

"Saya masih sadar dan bisa mendengar semua yang terjadi, tetapi saya tidak bisa menggerakkan tubuh saya sama sekali," lanjutnya.

Saat usianya masih remaja, ia pernah tertidur saat melakukan ujian. Setelah diperiksa, wanita berusia 4 tahun itu didiagnosis menderita narkolepsi dan cataplexy yaitu kelemahan otot mendadak yang dipicu oleh emosi yang kuat.

Dalam kasus Bella ini, cataplexy ini bisa terjadi saat dirinya tertawa. Ia didiagnosis penyakit ini pada tahun 2015 lalu.

"Sudah berkali-kali saya menuangkan secangkir teh panas ke tubuh saya sendiri. Tetapi, saya tidak bisa bergerak untuk menghentikan aktivitas tersebut," ujar Bella.

"Saya tidak bisa mengontrol di mana itu terjadi, itu bisa sangat menakutkan."

Bella menceritakan saat pertama kali mengalami cataplexy, ia merasa kepalanya pusing saat tertawa. Selain itu, matanya mulai berkedip-kedip dan hingga akhirnya tertutup atau tidur.

"Sekarang telah berkembang menjadi kelemahan otot penuh saat saya tertawa. Lebih dari itu, itu adalah sesuatu yang saya tidak menyangka lucu," pungkasnya.

Akibat kondisi ini, Bella sempat hampir tenggelam di kolam renang. Kepalanya tiba-tiba terkulai, untungnya ada temannya yang membantu agar dirinya tidak tenggelam.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)