Sabtu, 19 Jun 2021 18:10 WIB

Kasus Langka, Wanita Ini Lahir dengan Alat Kelamin Pria dan Wanita

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi vagina Alami kondisi langka, wanita ini memiliki alat kelamin pria dan wanita. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Seorang yang diketahui bernama Luna Animisha disebut menjadi salah satu manusia langka. Pasalnya, Luna diketahui lahir dengan dua alat kelamin, yaitu pria dan wanita.

Secara status, Luna lahir sebagai wanita interseks. Tetapi, dokter menyatakan bahwa ia adalah seorang 'tanpa persetujuannya' saat lahir ke dunia. Menurutnya, ia dinyatakan sebagai pria setelah dokter menjahit bagian vaginanya dan mengangkat rahimnya.

Dikutip dari Daily Star, Luna juga mengaku akan segera menjalani operasi untuk mendapatkan organ wanitanya kembali. Itu dilakukannya karena ia merasa dirinya lebih feminin dibandingkan maskulin.

"Aku baru tahu di usia 14 tahun kalau aku dilahirkan interseks. Tapi, sebelum itu aku tahu kalau orang tuaku mengajariku dengan cara yang berbeda," jelas Luna yang dikutip dari Daily Star, Sabtu (19/6/2021).

"Aku tidak tahu apakah itu adalah keputusan orang tuaku atau dokter. Tapi, aku sedih ketika lahir sebagai pria, karena rahimku diangkat dan vaginaku dijahit," kata Luna.

"Aku pikir itu sangat tidak manusiawi karena bayi tidak memiliki persetujuan dan anak-anak interseks diperlakukan layaknya anjing dan kucing, dan itu benar-benar menyebabkan trauma bagi kami," lanjutnya.

Tak hanya itu, Luna juga sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya sejak kecil. Keinginan itu muncul saat ia masih berusia lima tahun dan sulit bergaul dengan orang lain.

Saat ini, Luna menggunakan hormon estrogen dan progesteron sebagai bagian dari terapi pergantian hormonnya.

Selain itu, wanita asal Hawaii ini juga tengah dalam pembicaraan dengan ahli bedah plastik. Itu terkait operasi rekonstruktif vagina serta mencari opsi transplantasi rahim yang dikembangkan di laboratorium.

"Aku benar-benar ingin melakukan operasi. Kondisi ini selalu membuatku merasa tidak enak badan karena keterseimbangan hormon yang disebabkan oleh rahimku yang diangkat. Aku pikir, transplantasi rahim akan sangat berarti bagiku," pungkasnya.



Simak Video "Kenali 4 Hormon Bahagia Agar Imun Tubuh Meningkat!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)