Senin, 21 Jun 2021 19:45 WIB

Ikut Tantangan Viral TikTok, Gadis Ini Malah Kena Serangan Jantung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Foto: shutterstock
Jakarta -

TikTok saat ini tengah jadi primadona bagi para remaja di seluruh dunia. Tak mengherankan, aplikasi yang satu ini dianggap bisa menjadi wadah kreativitas bagi penggunanya. Namun, di sisi lain, banyak tren tantangan viral yang justru berbahaya.

Baru-baru ini dilaporkan seorang anak berusia 13 tahun harus dilarikan ke ICU akibat mengalami luka bakar derajat berat setelah meniru salah satu tren viral di TikTok yang membutuhkan lilin, pemantik api, dan alkohol. Sayangnya saat mencoba tantangan itu, alkohol meledak dan membakar tubuhnya.

Lainnya, seorang gadis asal Florida, Amerika Serikat, mencoba tantangan viral di TikTok yang malah membuatnya terkena serangan jantung. Kok bisa?

Dikutip dari laman Mirror UK, Briatney Portillo, melakukan tantangan 'dry scooping', yakni memakan satu sendok penuh bubuk protein kering sebelum berolahraga. Bubuk protein ini mengandung bahan peningkat kinerja, seperti kafein, asam amino, creatine, vitamin B dan beta-alanine.

Bubuk protein harusnya dikonsumsi dengan cara dilarutkan ke dalam air, karena bahan-bahannya bisa berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sedangkan, Briatney, yang tidak terbiasa mengonsumsi bergitu banyak kafein, mengalami serangan jantung tak lama setelah melakukan tantangan tersebut.

"Saya adalah tipe orang yang penasaran ingin mencoba apapun, seperti tantangan TikTok itu. Tapi, saya meminta kalian untuk tidak mengulangi kesalahan saya," kata Briatney.

Gadis berusia 20 tahun itu juga menceritakan gejala yang ia alami yakni nyeri dada, mual, dan kelelahan. Namun ia tetap melanjutkan olahraganya sampai lengan kirinya mengalami mati rasa.

Merasa ada yang tida beres, ia langsung ke rumah sakit dan harus menjalani perawatan intensif setelahnya.

"Jadi, pikirkan ulang untuk melakukan tantangan ini, terutama bila Anda tak terbiasa mengonsumsi kafein secara teratur. Anda mungkin akan bernasib sama seperti saya di rumah sakit," pungkasnya.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)