Duh! Viral Dokter Abal-abal Pakai Stik Lolipop Sebagai Alat Kontrasepsi

ADVERTISEMENT

Duh! Viral Dokter Abal-abal Pakai Stik Lolipop Sebagai Alat Kontrasepsi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 19 Mei 2022 19:10 WIB
macro photo of tablets and syringe on yellow background. close up image
Foto: iStock
Jakarta -

Viral pria asal Venezuela yang berpura-pura menjadi dokter dan menanamkan alat kontrasepsi palsu ke puluhan pasiennya. Alih-alih alat kontrasepsi, ia malah menanamkan stik lolipop selayaknya alat kontrasepsi.

Diberitakan Oddity Central, Jose Daniel Lopez 38 tahun diamankan pihak kepolisian setelah menipu setidaknya 25 wanita yang bersedia membayarnya untuk menanamkan batang lolipop sederhana di bawah kulit mereka sebagai alat kontrasepsi, sehingga menyebabkan beberapa dari mereka hamil.

Tidak memiliki kualifikasi medis, Lopez berhasil memalsukan gelar pendidikannya dan bekerja di pusat kesehatan di La Victoria dan Maracay, Venezuela.

Dia dikenal memiliki banyak gagasan terkait prosedur medis dan menyimpulkan kelayakan terhadap implan subdermal. Dia juga mengklaim, prosedur Implanon versinya itu merupakan prosedur kontrasepsi yang paling benar, yaitu dengan menanamkan batang plastik lolipop di bawah kulit lengan atas seseorang.

Prosedur Implanon yang sebenarnya mengacu pada implan kontrasepsi yang melepaskan hormon progestasional dosis rendah dan stabil untuk mengentalkan lendir serviks dan mengencerkan lapisan rahim, sekaligus menekan ovulasi.

Implan ini berbentuk batang plastik kecil yang dimasukkan di bawah lengan atas yang diminta, tetapi dalam kasus Lopez, implan itu diganti dengan stik lolipop yang tentu tak berfungsi apa-apa.

Kasus penipuan Lopez pertama kali terungkap ketika seorang dokter bernama Rafael Chirinos membuat unggahan peringatan melalui media sosialnya, dia memberi tahu masyarakat supaya berhati-hati.

"Saya melihat banyak status di WhatsApp dari seorang dokter, spesialis ginekologi, yang mempromosikan operasi untuk menerapkan metode kontrasepsi menggunakan Implanon. Ternyata itu scam, yang ditanamnya adalah stik lolipop intradermal," kata Chirinos dalam unggahannya.

Setelah diteliti pekerjaan dokter Jose Daniel Lopez, Chirinos segera ambil tindakan. Dia langsung menyarankan para wanita yang telah menjalani prosedur Implanon di La Pastillita atau Clinica La Trinidad untuk melakukan pemeriksaan medis sesegera mungkin.

Penipuan Lopez akhirnya viral. Meskipun pria itu sempat menghilang, dia akhirnya ditangkap di tempat persembunyiannya di El Castano, di negara bagian Aragua.

Dia kini dipenjara dengan tuduhan praktek pengobatan ilegal dan pemalsuan dokumen resmi. Untuk kejahatan tersebut, dia terancam menghabiskan bertahun-tahun waktunya di balik jeruji besi.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT